Mohon tunggu...
Laila S
Laila S Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pecinta Sepak Bola dan Wiraswasta

Penyuka olahraga, hobi mencari hal baru,. Suka dengan tulisan-tulisan seperti yang menggugah semangat, heroik dan lain-lain.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Erick Thohir Sosok Lengkap Nahkodai PSSI

29 November 2022   17:46 Diperbarui: 29 November 2022   17:53 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: www.voaindonesia.com

Perbincangan dunia sepak bola baru-baru ini semakin intens. Bahkan nyaris di setiap sudut di mana ada orang berkumpul, baik itu di pinggir jalan atau di tempat kopi, perbincangannya tidak jauh dari sepak bola. Seolah-olah Piala Dunia Sepak Bola 2022 di Qatar membius semua orang.

Pada belahan dunia lain, sebut saja Indonesia, perihal sepak bola juga tidak kalah riuhnya. Jutaan orang tertuju kepada olahraga yang menjadi favorit semua kalangan ini. Bukan karena prestasi atau pun timnas kita belaga di pentas tersebut. Melainkan soal manajemen dan kepemimpinan di tubuh organisasi yang bertanggung jawab mengelola asosiasi sepak bola di Indonesia.

Hal tersebut merupakan buntut panjang dari tragedi Kanjuruhan, Malang yang menewaskan ratusan jiwa. PSSI kemudian didesak publik untuk melakukan Kongres Luar Biasa. Salah satu agendanya yakni pemilihan Ketua Umum PSSI, Wakil Ketua Umum PSSI, dan 12 anggota Komite Eksekutif PSSI.

Salah satu nama yang digadang-gadang pantas menahkodai PSSI yaitu Erick Thohir, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Publik melihat sosok yang satu ini sudah lama bergelut di dunia olah raga sepak bola.

PSSI Butuh Jiwa Kepemimpinan Erick Thohir

Perjalanan hidupnya selalu dekat dengan dunia olah raga. Bahkan jauh sebelum menjabat sebagai Menteri BUMN, ia sudah menjadi pemilik Inter Milan, yakni salah satu klub terbesar di Serie A Italia.

Sebelum membeli saham mayoritas Inter Milan, sosok kelahiran 1970 ini juga mengakuisisi klub DC United, tim yang berkompetisi di Major League Soccer (MLS) di Amerika Serikat. Dan saat ini memiliki 51% saham Oxford United, klub Liga Satu di Inggris.

Sosok Erick Thohir juga dinilai memiliki relasi luas di berbagai aspek. Bahkan dirinya dua kali dipercaya jadi utusan Presiden Jokowi di saat sepak bola Indonesia dibayang-bayangi sanksi FIFA.  Ini menjadi poin penting sebagai orang yang dipercaya untuk menjadi orang nomor satu di PSSI. Mengingat kita memiliki mimpi besar untuk kemajuan sepak bola dalam negeri.

Seperti yang kita ketahui, pada beberapa periode, kursi ketum PSSI selalu dijabat oleh mantan jendral. Sehingga seolah ada pertanyaan besar, mampukah Erick Thohir mengemban amanah sebagai ketum PSSI ke depan, dengan segudang persoalannya.

Jawaban itu bisa dilihat dari track record kepemimpinan Erick Thohir selama ini. Mantan Presiden Inter Milan tersebut pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) periode 2006-2010. Dan saat ini Ia menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) periode 2006--sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun