Mohon tunggu...
Lahni FikriyaNst
Lahni FikriyaNst Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UINSU Medan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cara Belajar Bahasa Inggris pada Masa Pandemi Covid-19

13 Agustus 2020   21:59 Diperbarui: 13 Agustus 2020   22:08 125 1 3 Mohon Tunggu...

 

Covid 19 adalah salah satu nama virus yang sangat berbahaya di antara virus-virus lainnya, dimana pada saat ini virus corona atau yang disebut covid 19 menggemparkan seluruh Dunia termasuk Indonesia. Dengan menyebar luasnya virus ini membuat semua aktivitas terhalang, termasuk aktivitas belajar karena virus semua sekolah ditutup dan pembelajaran dilakukan dari rumah.

Dengan situasi sekarang kegiatan untuk menimba ilmu sangatlah sulit karena semua dilalukan dari rumah terutama pada pelajaran bahasa inggris, karena untuk mendapatkan pelajaran bahasa inggris kita harus berinteraksi dengan orang- orang yang pandai berbahasa inggris yang ada disekitar kita.

Untuk menjaga kemampuan bahasa inggris kita agar tetap baik, Juli Simatupang, mengatakan, "Di situasi saat ini, kami harap berbagai program online gratis menjadi penyemangat bagi masyarakat Indonesia untuk terus belajar, salah satunya untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris. Berbagai materi yang disediakan oleh program ini menarik untuk usia mulai dari anak hingga dewasa." 

Materi pelajaran bahasa Inggris yang bisa diakses gratis adalah EFolklore, Youtube Series, animasi cerita rakyat Indonesia berbahasa Inggris, EF Adventure to Letterland yang menyediakan berbagai video materi pelajaran Bahasa Inggris, EF Junior English Test, rangkaian tes bahasa Inggris, EF English Standard Test (EFSET), rangkaian tes bahasa Inggris adaptif untuk mengukur kemampuan standar Bahasa, EF English 24/7, aplikasi mobile gratis berisi pembelajaran bahasa Inggris melalui video yang merefleksikan kehidupan sehari-hari, Pelajaran tesrebut dapat diunduh melalui iOS dan Android. (sumber)

Selain itu berikut beberapa cara belajar bahasa inggris dengan mudah yang bisa kita terapkan pada masa pandemi covid 19 saat ini.

1.Menonton film berbahasa inggris tanpa subtitle

Cara atau metode ini akan melatih kemampuan listening kita untuk mampu mendengarkan kosakata yang diucapkan dalam film, selain itu cara ini juga membuat kita berfikir lebih agar kita tetap mengingat kata-kata dari film itu.

2.Buat catatan yang berisi kosakata yang tidak anda pahami

Setelah menonton film pastinya kamu akan menemukan kata- kata baru yang belum kamu pahami, tulislah kata-kata tersebut dalam sebuah catatan kemudian cari arti dari kata-kata itu. Catatan tersubut bisa kamu gunakan sebagai kamus tambahan untuk memudahkan mu belajar bahasa inggris selama pandemi.

3.Mendengarkan lagu bahasa inggris

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x