Mohon tunggu...
Komunitas Lagi Nulis
Komunitas Lagi Nulis Mohon Tunggu...

Komunitas Penulis Muda Tanah Air dari Seluruh Dunia. Memiliki Visi Untuk Menyebarkan Virus Semangat Menulis Kepada Seluruh Pemuda Indonesia. Semua Tulisan Ini Ditulis Oleh Anggota Komunitas LagiNulis.id

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Perbudakan Era Milenial

30 Maret 2019   11:16 Diperbarui: 30 Maret 2019   11:39 0 1 0 Mohon Tunggu...
Perbudakan Era Milenial
Medium.com

Oleh : Masykur

Di era serba canggih seperti saat ini, semua kebutuhan yang kita ingin tersedia sangat mudah dan cepat. Misalkan dalam bidang telekomunikasi, dahulu sekitar tahun 80-an saat teknologi belum berkembang seperti saat ini, untuk menerima dan mengirim kabar pada saudara kita yang berbeda pulau, kita harus menunggu waktu hingga berbulan-bulan, tak heran datangnya surat sangatlah membahagiakan. 

Lain hal dengan hari ini, untuk mengetahui kabar saudara-saudara kita hanya butuh waktu hitungan detik kita sudah mengetahui dan memberitahu keadaan.

Dengan berkembangya teknologi masa kini, semua pekerjaan akan terselesaikan dengan mudah dan cepat. Lebih efisien dan terjangkau. Perkembangan teknologi memanglah sangat membantu memberikan kemudahan dalam aktivitas, namun jika tidak digunakan sebagaimana mestinya akan memberikan dampak yang negatif, seperti ketergantungan terhadap gadged. 

Ketergantungan tersebut mengakibatkan sebagian hak-hak hidup kita terampas oleh kekuasaan teknologi. Ketidak mampuan kita menahan derasnya hegemoni teknologi menjadikan kita terbudak olehnya.

Perbudakan di era milenial seperti saat ini tidak sepertihalnya dahulu dimana seseorang dituntut bekerja begitu keras tanpa upah, sehingga sebagian hak hidupnya dirampas oleh orang yang membudaknya. Perbudakan era milenial terjadi dalam ruang digital yang tak terbatas oleh ruang dan waktu.

Begitupun dengan seseorang yang terlalu ketergantungan dengan gadgad, sebagian hak hidupnya akan tersita habis dengan keasikannya bermain gadged. Hak yang seharusnya ia menerima makan siang, namun karena keasikan dengan bermain Gadged sehingga melalaikan kita dari makan. 

Selain itu, ada hak kita juga untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain secara langsung, namun hak itu terdegrdasi akibat terbuadakan oleh Gadged.

Gadged adalah produk teknologi hari ini yang berkembang begitu pesat, semua yang kita butuhkan terangkum di dalamnya. Semua bergantung pada penggunanya, jika digunakan dengan cerdas akan mencerdaskan, jika tidak yang terjadi adalah seluruh waktu dan kehidupan kita akan terampas olehnya. Maka bijaklah dalam menggunakan teknologi hari ini, agar kita tak menjadi budak di era milenial.