Mohon tunggu...
Lafa Zidan Alfaini
Lafa Zidan Alfaini Mohon Tunggu... @lafazidan26

Earth will always provide for all human needs, but not to fulfill the greed of one human being

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ikan Cupang Hias Menjadi Tren di Tengah Pandemi

19 Januari 2021   00:57 Diperbarui: 19 Januari 2021   01:13 1956 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ikan Cupang Hias Menjadi Tren di Tengah Pandemi
sumber: pinterest.com/jaws1013

Selama masa Pandemi COVID-19, banyak masyarakat Tua maupun Muda yang mulai beralih mencoba hobi baru. Salah satu hobi baru yang sekarang sedang ngtren dan digemari masyarakat adalah mengoleksi Ikan Cupang Hias. Selain sebagai penghilang rasa bosan, mengoleksi Ikan Cupang Hias juga mudah untuk dipelihara tidak seperti ikan hias yang lain yang mengunakan aerator, dengan perawatan yang sederhana ikan cupang hias bisa hidup, dan ikan cupang juga bisa menjadi sumber uang ditengah pandemi seperti ini. Ikan Cupang hias zaman sekarang sudah banyak jenisnya dari jenis Plakat, Giant, Half Moon, dll, sedangkan di zaman dulu ikan cupang hanya memeliki beberapa jenis saja yang berjenis bagan, slayer, dan crown teil (CT). perkembangan ikan cupang hias di zaman sekarang terbilang cukup cepat, karena para petani/breader selalu membuat setiap bulannya jenis baru ikan cupang hias, dengan warna yang unik-unik dan berbagai bentuk yang keren membuat para penggemar ikan cupang hias bertambah banyak. Tidak hanya dikoleksi masyarakat pun sudah banyak yang menjualnya, ikan cupang hias pun bisa mendatangkan rezeki yang berlimpah di tengah pandemi seperti ini, dikarenakan penggemar ikan cupang hias sudah banyak sekali dari kalangan atas sampai kalangan menengah kebawah, tua sampai yang muda dan perempuan juga menyukai ikan cupang hias.

Harga ikan cupang relatif dari harga termurah yaitu 50rb sampai yang termahal yaitu 20jt, harga dilihat dari segi kualitas, dan jenis ikannya. Jenis ikan cupang termurah yaitu ikan cupang Half Moon harga dari 10rb-500rb tergantung dari kualitas dan warnanya. 

sumber: pinterest.com/jaws1013
sumber: pinterest.com/jaws1013
Kenapa jenis Half Moon menjadi yang termurah? karena dari perawatannya cukup sulit tidak seperti jenis yang lainnya mudah untuk perawatannya. Ikan cupang ini harus dirawat dengan teliti agar tidak merusak ekornya yang lebar dan agar tidak mudah terserang penyakit.

Ikan cupang harga menengah yang banyak masyarakat sukai yaitu ikan cupang jenis plakat. Harga dari 50rb-10jt tergantung darikualitas dan warnanya.

sumber: pinterest.com/jaws1013
sumber: pinterest.com/jaws1013
Ikan cupang plakat sangat banyak penggemarnya karena perawatan nya yang cukup mudah, tidak terlalu ribet seperti ikan cupang Half Moon.

Harga ikan cupang termahal yaituikan cupang Kachen Worachai. Harga ikan cupang ini bisa menembus sampai harga 20jt per ekornya. 

sumber: pinterest.com/jaws1013
sumber: pinterest.com/jaws1013
Jenis ikan cupang aduan, betta splendens ini dinamai sesuai dengan nama pemiliknya Kachen Worachai berasal dari Bangkok, Thailand. Warna-warni merah, biru dan putih ikan ini mirip dengan bendera Thailand. Badan ikan berwarna biru dengan garis membujur putih di bagian perut dan ada warna merah yang sejajar di bagian sirip bawah. Ikan ini menjadi perbincangan di tahun 2016.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x