Mohon tunggu...
Lafaiza Ashfia Kusumasari
Lafaiza Ashfia Kusumasari Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswi

Hallo Semuanya, Terimakasih Telah Berkunjung ke Profil Saya.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Dampak dari Covid-19 terhadap Perekonomian di Indonesia

12 Maret 2022   19:35 Diperbarui: 12 Maret 2022   19:42 84 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pandemi corona atau Covid-19 yang berkepanjangan membuat masyarakat di seluruh dunia menjadi semakin resah. Tak hanya berdampak pada dunia kesehatan namun juga berdampak pada dunia perekonomian yang sangat di keluh-keluhkan seluruh masyarakat di dunia seperti halnya di Negara Indonesia ini.
Mendekati kuartal terakhir di tahun 2020, sejumlah Negara melaporkan terjadinya krisis Ekonomi seperti Negara maju yaitu Jerman, Prancis, hingga Amerika Serikat juga mengalami dampak dari Virus corona ini, dan apakah negara kita yang berkembang ini mampu menghadapi krisis Ekonomi?
Dampak krisis Ekonomi ini bukan dalam jangka waktu yang pendek sebulan atau dua bulan namun dampak krisis ekonomi ini berjangka sampai pada sekarang ini.
Menurut Forbes, resesi ekomomi bisa terjadi karena terjadi saat produk domestik bruto (PDB) menunjukan aka negatif, yang mengakibatkan angka pengangguran, penurunan penjulan ritel, serta penurunan pedapat dalam jangka waktu lama.
Sedangkan ekonomi yang dibilang sehat adalah ekomomi yang terus berkembang tanpa adanya penurunan dari waktu-kewaktu, namun dalam keadaan seperti ini yang mana terdapat virus yang menghambat kinerja manusia maka sektor ekomomi dinia pun menurun dalam jangka waktu yang lama.
Di Indonesia sediripun tingkat pengagguran masyarakat itu menaik dikarenakan adanya PHK (pemberhentian karyawan), buruh dan masih banyak yang lain. Karena dampak dari corona ini yang membatasi karyawan dalam sebuah perusahaan atau PT.
Dan tak dipungkiri bahwa negara seperti Jerman sediri yang bisa dibilang negara maju pun merasakan dampak dari penurunan perekonomian negara, apalagi di negara kita, Negara Indonesia.
Namun negara Indonesia berpeluang lolos dalam resesi ekonomi namun kesempatan itu sangatlah kescil mengingat keadaan ekonomi masih belum stabil, namun adanya upaya pemerintah untuk mengambil langkah untuk mendorong pengebalian ekonomi untuk kembali ke pertumbuhan ekonomi yang sangat positif.

Dan dalam hal ini pun khususnya masyarakat Indonesia selalu saja melakukan perubahan dalam sektor perekonomian dengan halnya ada orang yang di phk dari sebuah perusahan dan orang itu pun membuka peluang kerjanya sediri dengan cara berjualan secara online yang mana kita ketahui bahwa dalam hal ini untuk bisa mengurangi presentase terkena virus covid 19 dikarenaka menghindari sebuah kerumunan, serta jualaan online ini mejadikan motivasi bagi masyarakat yang lain agar bisa berkarya dengan jalur media sosial.
Dan dampak bagi orang tersebut bisa kembali lagi menghidupi perekonomian keluarga serta bisa menjadikan pemulihan secra sedikit demi sedikit bagi perekonomian yang ada di Indonesia pun mulai mebaik dan menjadi peluang bagi para pencari kerja yang menjadikan salah satu faktor terjadinya krisis ekonomi pun dapat diatasai.
Walaupun tidak secra kontan namun secara bertahap pemulihan ekonomipun akan membaik dan kembali stabil dari waktu-kewatu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan