Mohon tunggu...
laely saidatulummi
laely saidatulummi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Jd diri sendiri

Love your self

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Masyarakat Madani

18 November 2021   21:31 Diperbarui: 18 November 2021   21:50 46 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Haii,,selamat datang kembali di artikel saya kali ini,kali ini ada pembahasan yang sangat menarik loo,,khususnya untuk yang selalu setia membaca artikel saya,Penasaran dengan pembahasan kali ini,,oke kali ini saya akan membahas mengenai Masyarakat Madani

Masyarakat madani

Berbicara mengenai Masyarakat pasti sudah tidak asing lagi di bayangan kita semua,,tapi Masyarakat kali ini adalah Masyarakat yang berbeda dengan pandangan kita,kenapa??karna Masyarakat Madani adalah Masyarakat yang sejahtera dan sangat memiliki adab dan sangat memahami nilai atau arti kehidupannya. 

Jika ingin menjadi masyarakat madani,maka harus bisa mewujudkan masyarakat yang damai harmonis dan bebas dari penindasan serta eksploitasi. Masyarakat Madani timbul karena adanya beberapa faktor diantaranya adalah, karena adanya penguasa politik yang cenderung mendominasi atau menguasai masyarakat dalam segala bidang, masyarakat dituntut agar bisa patuh dan taat kepada penguasa,inilah salah satu faktor yang menyebabkan adanya masyarakat madani ada,masyarakat madani menginginkan adanya kesehatan dan tidak adanya tekanan oleh pemerintahan,dan jika terjadi seperti ini,masyarakat madani akan melindungi warga negara dari penguasa atau kekuasaan pemerintahan yang berlebihan.

Masyarakat Madan dikenal Indonesia 

Pada zaman atau era sekarang ini,Bangsa Indonesia sangat ingin mewujudkan masyarakat madani dan tentunya masyarakat madani yang ingin dibentuk harus sesuai dengan kebudayaan yang ada di Indonesia. Walaupun memang masyarakat madani itu mempunyai nilai-nilai yang sangat universal,dan nilai-nilai itupun harus tergantung pada perkembangan masyarakat dan kondisi sosial yang sedang dihadapi. Indonesia yang mengandung semboyan Bhineka Tunggal Ika sedang dalam tahap untuk belajar dalam demokrasi sebenarnya. 

Dimana proses itu tidaklah mudah karena harus memprioritaskan nilai yang sudah ada atau sesuai dan tentunya memiliki nilai toleransi yang sangat tinggi,memiliki rasa kebangsaan hang kuat dan sehat,adil dan taat dalam hukum, dan terakhir adalah memiliki rasa tanggung jawab sosial yang tinggi. Adapun masyarakat madani di Indonesia memiliki ciri-ciri sebagai berikut diantaranya ialah: -kesukarelaan,dalam artian mereka adalah Masyarakat yang dibentuk dengan tersendiri tanpa adanya paksaan dari pihak manapun,-Tidak bergantung pada orang lain atau yang biasa dikenal dengan Keswasembadan,-Kemandirian yang artinya ia memiliki kekuatan tersendiri dan yang terakhir adalah mereka memiliki keterkaitan hukum gang sudah disepakati dan mereka harus menaati hukum yang berlaku.

Sekarang pertanyaannya adalah Masyarakat Madani tang seperti apa sih yang diinginkan oleh masyarakat modern?? Jawabannya adalah seperti masyarakat yang pluralistis ( suatu paham yang tidak yang mengakui bahwa banyak pendapat yang tidak tergantung pada satu pendapat saja), juga memiliki sikap toleran yang tinggi terhadap perbedaan yang sudah ada,serta dapat memberikan kebebasan  untuk setiap orang menemukan pendapat serta siap mengekspresikan sikap dan pemikiran mereka sendiri,dan yang tak kalah penting adalah siap Menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. 

Pertanyaannya sekarang adalah apakah masyarakat di Indonesia sudah bisa dikatakan sebagai masyarakat madani??ok masyarakat di Indonesia belum bisa dikatakan sebagai masyarakat madani karena masyarakat Indonesia belum memenuhi unsur-unsur pokok sebagai masyarakat madani seperti wilayah atau ruang publik yang bebas,toleransi, pluarisme dan keadilan sosial. Jadi menurut saya Masyarakat Indonesia belum dikatakan sebagai masyarakat madani karena masih belum mencapai syarat untuk menjadi masyarakat madani.

Masyarakat Madani dalam Islam

Masyarakat  dalam perspektif islam memiliki karakteristik memiliki aryi yang berbeda menurut beberapa ulama di al qur'an kehidupan masyarakat madani adalah baldatun tayyibatun warobun ghofur yang di artikan sebagai negeri gang baik di atas keridhooan allah swt, hal ini sejalan dengan pengertian masyarakat ideal yaitu masyarakat dibawa ampunan dan keridhoaan allah serta yang Menjunjung tinggi rukun iman,rukun islam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan