Mohon tunggu...
laela awalia
laela awalia Mohon Tunggu... Hoteliers - Perempuan biasa dari Lampung. Blogger amatir.

Perempuan yang suka jalan-jalan untuk kemudian diabadikan tidak hanya dengan foto, tetapi juga dengan tulisan. Bisa dihubungi di azkia_04@yahoo.com. Sila berkunjung ke blog pribadi di azkia-04.blogspot.com.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Apakah Kamu Sehat? Klik di Sini

10 November 2017   21:49 Diperbarui: 10 November 2017   22:06 755
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi saya, sangat penting untuk mendapatkan informasi kesehatan sejak dini sebanyak mungkin. Karena orang yang terlihat bugar dari luar, belum tentu sehat walaupun indikator sehat salah satunya bisa terlihat dari fisiknya. Untuk bisa tahu apakah kita sehat atau ada kelainan dalam tubuh, kita bisa mengunjungi dokter secara langsung atau bertanya dengan orang yang lebih faham soal kesehatan. Tentunya juga, di era teknologi canggih seperti sekarang kita bisa memanfaatkan ponsel cerdas untuk browsing informasi kesehatan tersebut. 

Tapi, tentu informasi dari dunia maya juga harus disaring dan tidak asal ambil saja. Kalau informasi yang didapat benar dari dokter, mungkin akan membantu. Tapi kalau informasinya hanya bersumber dari orang-orang biasa, bagaimana? Nah, untuk itu kini hadir GueSehat.com yang bisa menjadi salah satu solusi akan pencarian informasi yang valid tentang kesehatan.

Apa sihGueSehat.com itu?

Ini aplikasi yang menurut saya ramah generasi. Dari namanya saja, saya membayangkan betapa sehat itu penting sejak muda. Jadi, tidak hanya orang tua saja yang harus rajin cek kesehatan, tapi juga kaun muda yang kalau dilihat dari fisiknya masih segar bugar. Aplikasi ini menggabungkan informasi kesehatan secara umum dan secara lebih personal. Jadi, kalau kita agak malu untuk tanya langsung ke dokter, bisa tanya lewat forum disini.

Dua hari kemarin saya mencoba untuk akses aplikasi yang bergaya anak muda ini. Dari awal login, saya diminta untuk mengisi formulir data diri bahkan sampai ke informasi tinggi dan berat badan. Kemudian, mulailah saya menjelajah dan mencoba fitur-fitur yang ada di aplikasi ini.  Untuk informasi kesehatan secara pribadi, GueSehat menyediakan empat fitur utama, yaitu cek kehamilan, hitung kalori dan IMT, cek siklus haid, dan cek tumbuh kembang dan imunisasi.

Kebetulan saya juga sedang menjalani program kehamilan, jadi saya abisa cek masa subur dan siklus haid saya. Untuk suami saya yang punya tubuh lumayan berisi, saya bisa kontrol berapa kalori yang sudah masuk dan berapa yang sudah digunakan. Cara membaca hasilnya juga mudah dipahami. Satu lagi, informasi-informasi pribadi tadi bisa disimpan di menu Buku Kesehatan, jadi saya bisa melihat kembali hasil perkembagan kesehatan saya sendiri di kemudian hari. Oh iya, saya juga sudah mencoba fitur unggulan yang mungkin di aplikasi kesehatan lain belum ada, yatu Symtom Checker. Di fitur ini, saya bisa dengan mudah mencocokkan gejala sakit yang saya alami, dengan perkiraan penyakit apa yang gejalanya seperti itu. Jujur, ini sangat membantu saya untuk lebih mengetahui informasi tentang kesehatan saya.

Salaah satu contoh cek gejala di GueSehat
Salaah satu contoh cek gejala di GueSehat
Selain menyediakan informasi kesehatan pribadi, GueSehat juga menyediakan berbagai artikel kesehatan yang beragam dan disusun secara sistematis. Jadi saya merasa lebih mudah mencar artikel yang saya butuhkan. Fitur lain yang juga sangat meembantu adalah menu Direktori yang berisi informasi mengenai dokter praktek, rumah sakit, tempat spa, tmpat gym, dan fasilitas penunjang kesehatan lainnya.  

Hal lain yang makin membuatku merasa aplikasi ini sangat membantu adalah adanya forum diskusi yang langsung bisa ditanggapi oleh dokter spesialis yang sudah jadi rekanan GueSehat. Kalau saya ingin bertanya, saya diberi tiga pilihan forum diskusi; umum, anonim, atau pribadi. Nah, makin leluasa dan tidak malu lagi kan untuk tahu kesehatan kita?

Nah, begItu lengkapnya untuk cek kesehatan hanya di satu plikasi saja ya. Untuk instal aplikasinya, bisa cari di playstore. Alikasi ini juga ringan kok, jadi tidak akan loading terlalu lama untuk membukanya. Pakai GueSehat untuk tahu informasi kesehatan di manapun, kapanpun!

screenshot-2017-11-10-21-37-44-5a05bc15a4b068065e2f7d42.jpg
screenshot-2017-11-10-21-37-44-5a05bc15a4b068065e2f7d42.jpg

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun