Ekonomi

7 Tips Untuk Memulai Bisnis Travel Online

13 Oktober 2017   17:01 Diperbarui: 13 Oktober 2017   17:12 350 0 0

Seiring berkembanganya waktu, travelling menjadi gaya hidup bagi banyak orang. Perkembangan teknologi, mengarahkan konsumtifnya orang-orang dalam menggunakan sosial media, dan mengekspresikan diri dengan mengunggah foto di destinasi-destinasi wisata. Hal ini juga mempengaruhi perkembangan bisnis travel, yang memanfaatkan peluang cerah untuk digeluti. Bila anda masih ingin mencari bisnis yang akan digeluti, maka bisnis travel online menjadi pilihan yang tepat. Dengan banyaknya traveler akan mempengaruhi besarnya permintaan dari pasar, yang akan membuat bisnis ini menguntungkan.

Menjalankan bisnis online terbilang mudah dan murah. Dikarenakan dengan adanya sistem online anda hanya membutuhkan perlengkapan elektronik yaitu seperti komputer/laptop dan jaringan internet dan juga printer. Namun, untuk mencapai kesuksesan tidak semudah yang kita bayangkan. Lalu, bagaimana caranya untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis online? Dibuthkan  beberapa hal yang harus anda lakukan dan terapkan agar lebih maksimal dan oprimal, yang akan memberikan keuntungan dan kesuksesan untuk anda sendiri. Berikut tips agar bisnis sukses dsalam menjalankan bisnis travel online.

1. Hardware serta Software

Hal pertama yang harus anda siapkan adalah menyiapkan perlengkapannya. Satu komponen yang palinga penting adalah hardware dan software. Maksudnya adalah anda memerlukan komputer/ laptop, dan smartphone yang terkoneksi dengan internet. Untuk software sendiri adalah program atau operating sistem yang bisa menjalankan pemesanan tiket secara online. Software juga merupakan sebagai program billing transaksi. Untuk mempermudah anda, anda bisa bergabung dengan perusahaan yang berbasis business to business, dan anda dapat bekerja sama, salah satunya adalah perusahaan via.com. Perusahaan ini membuka lapangan untuk para agent yang ingin bergabung dengan keuntungan omset yang besar secara mudah, dengan melakukan registrasi secara online di id.via.com/register

Jangan lupa juga untuk membeli atau menyediakan komputer/laptop yang spesifikasinya mendukung untuk melakukan kinerja yang baik. Anda juga harus mempersiapkan jaringan internet yang memiliki koneksi yang paling baik. Senjata yang paling penting adalah komputer/laptop dan internet yang memadai bahkan yang terbaik, hal tersebut penting dalam berbisnis ini karena pelayanan anda yang baik dan memuaskan terhadap konsumen sangat diperlukan.

2. Cintai Dunia Traveling

Anda juga harus mengetahui kesukaan dan passion anda sendiri, agar anda memiliki peluang bisnis yang besar dan sukses yang didasarkan passion anda. Mengapa demikian? Karena dengan melakukan sesuatu yang berbasiskan rasa cinta dan kesenangan anda pada sesuatu/bidang, maka anda akan bersemangat dan sepenuh hati. Karena ini merupakan bisnis berbasis travelling , maka para pengusaha yang akan menggelutinya harus mencintai traveling. Hal itu penting karena konsumen yang menjadi pelanggan anda, pastinya adalah orang-orang yang suka travelling. Dengan begitu kecintaan yang sama antara anda dan konsumen akan merasa nyaman dan senang. Akan jauh lebih sulit jika anda tidak menyukai dunia travel, yang akan mempengaruhi kinerja anda dalam berbisnis.

Bisnis yang didasari pada kesukaan atau passion memang akan memiliki peluang lebih besar untuk sukses. Mengapa demikian? Sebab dengan rasa cinta dan senang pada sebuah bidang, maka para pelakunya ini akan bersemangat untuk menjalankan usaha dengan sepenuh hati dan semaksimal mungkin. Karena ini adalah bisnis berbasis traveling (bepergian), maka para pengusaha yang akan menjalankanya harus mencintai dunia traveling. Konsumen yang datang pada Anda pastinya adalah orang-orang yang suka traveling. Maka jika Anda memiliki kecintaan yang sama, mereka para konsumen yang datang ini akan merasa senang. Tapi jika Anda orang yang tidak memiliki kesukaan pada dunia travel, akan sulit untuk Anda mendapatkan chemistry (kecocokan). Dari sini maka peluang bisnis Anda untuk sukses pun akan semakin mengecil.

3. Branded yang Menarik

Setiap bisnis memang membutuhkan nama atau brand untuk bisa menarik para konsumen. Selain untuk menarik konsumen, brand usaha ini juga akan berguna bagi para konsumen untuk memudahkan mereka mencari alamat usaha atau website ataupun agen Anda. Maka ketika Anda ingin membuka bisnis travel online ini, pastikan Anda memiliki brand atau nama usaha yang baik. Brand atau nama usaha yang baik sendiri bisa dilihat dari kemudahan pelafalannya. Semakin mudah nama bisnis Anda untuk diucapkan dan dihafal, maka semakin besar pula kesempatan Anda menarik banyak konsumen. Jangan lupa juga untuk membuat nama yang menarik. Dengan gabungan nama yang mudah diucapkan dan dihafal serta nama yang menarik Anda akan semakin mampu mewujudkan kesuksesan usaha Anda.

4. Memberikan Penawaran yang Menarik

Dalam memberikan harga, harus pintar-pintar dan teliti, karena harga menjadi acuan bagi para konsumen. Apalagi, seperti yang kita tahu, tidak hanya kita yang memiliki bisnis travel online, melainkan adanya persaingan yang ketat. Anda harus memiliki strategi khusus untuk menghadapi hal ini. Anda bisa memberikan harga spesial atau promo pada momen tertentu dengan persyaratan dan ketentuan khusus. Seperti menyediakan paket tour dengan harga spesial juga bisa menjadi trik untuk menarik konsumen dan membeli produk anda. Dengan demikian anda akan mendapatkan peluang untuk sukses.

5. Perluas Jaringan dan Relasi

Dalam berbisnis anda sebagai kendali bisnisnya tidak hanya berdiam diri. Sebagai pengusaha sudah seharusnya memperluas jaringan dan relasi seluas mungkin. Semakin luas jaringan usaha, maka akan tinggi pula peluang anda dalam meraih kesuksesas usaha. Karena dalam mencapai kesuksesan dibutuhkan kerja keras, dan memperluas relasi dalam berbisnis, agar saling mendukung dan bekerja sama. Jika anda tidak memiliki jaringan orang-orang penting, maka akan mempengaruhi perkembangan bisnis anda yang pertumbuhannya lambat.

Anda juga dapat memperluas jaringan dengan aktif mengikuti berbagai forum dan kegiatan yang berhubungan dengan bidang bisnis Anda. Cara berikutnya Anda juga bisa mengembangkan jaringan bisnis ini dengan cara bergabung di berbagai komunitas/perusahaan besar yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Dengan mengikuti kegiatan serta bergabung dengan komunitas/perusahaan besar Anda akan mendapatkan teman dan rekanan yang akan membuat bisnis Anda mudah dikenal dan makin sukses.

6. Kuatkan Promosi

Hal yang paling penting adalah menarik banyak konsumen, anda harus melakukan penjualan dengan melakukan promosi atau strategi pemasaran yang baik. Anda bisa menjalankan promosi secara offline dan online. Sceara offline dengan melakukan promosi secara manual dengan menyebarkan brosur, beriklan di media massa atau dengan membuat pamflet. Dan online juga menjadi lapangan yang luas dalam memasarkan produk dan menjalankan secara efektif.

7. Layani Konsumen dengan Sebaik Mungkin

Cara menjadikan bisnis travel online ini sukses adalah dengan melayani konsumen dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Pelayanan menjadi fokus perhatian konsumen dalam bentuk apapun bisnisnya. Maka dari itu, jika anda usaha dan bekerja keras anda akan mendapatkan respon yang baik dari publik. Anda mau tak mau harus memaksimalkan pelayanan Anda. Pada bisnis travel online ini Anda bisa memberikan layanan customer service yang baik. Jangan sampai terjadi, konsumen menunggu terlalu lama saat mereka ingin mendapatkan jawaban dari permasalahan atau pertanyaan yang disampaikan. Bila perlu Anda bisa menjadikan layanan customer service ini berjalan selama 24 jam agar konsumen semakin dipuaskan.

Demikianlah informasi-informasi yang disampaikan mengenai bisnis travel online. Untuk Anda yang ingin benar-benar menjalankan bisnis ini maka Anda bisa menerapkan tips suksesyang telah disebutkan. Selain menerapkan tips sukses di atas, Anda juga harus tetap semangat dan bekerja keras. Karena usaha tanpa kerja keras akan sulituntuk menuju kesuksesan. Kalau memang Anda menginginkan sukses maka memang mau tak mau Anda harus bekerja keras mewujudkannya. Anda bisa juga memulainya dengan memilih berbisnis untuk bergabung dengan perusahaan besar, seperti via.com, dengan ketentuan yang mudah, serta fitur-fitur yang sangat membantu dan memudahkan dalam anda dalam melayani konsumen dan transaksi dalam berbisnis