Mohon tunggu...
Ekonomi

Empat Tantangan yang Akan Dihadapi Bisnis Travel Online

6 Juni 2017   09:04 Diperbarui: 6 Juni 2017   09:04 4255 0 0 Mohon Tunggu...

Tidak selamanya bisnis yang kita jalankan akan berjalan lancar termasuk bisnis travel. Apapun bidang bisnis yang Anda geluti, masalah pasti akan muncul. Masalah tersebut harus dihadapi secara bijak. Sikap bijaksana tersebut ditunjukkan dengan mengubah pola pikir masalah bisnis dinilai sebagai "tantangan" bisnis yang harus siap dihadapi dan dicarikan jalan keluarnya. Dengan mengetahui keempat tantangan yang bisa saja terjadi dalam bisnis seperti tour and travel online, diharapkan Anda sebagai pelaku bisnis tersebut dapat lebih siap untuk menjalani bisnisnya. Berikut keempat tantangan yang mungkin Anda hadapi :

  1. Konsumen Membutuhkan Informasi Sejelas-jelasnya 

    Konsumen sebagai pembeli merupakan raja. Anda sebagai pelaku bisnis yang melayani konsumen tidak dapat membeda-bedakan mereka. Mulai dari konsumen yang sabar, tidak banyak tanya, maupun "bawel", kuncinya sebenarnya hanya satu, layani dengan sebaik-baiknya. Termasuk ketika ada konsumen yang ingin sekali memperoleh informasi sejelas-jelasnya dari Anda misalnya sebagai pihak agen tiket pesawat Sriwijaya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri jika selama ini website biro tour and travel Anda belum lengkap dalam menjelaskan informasi kepada para konsumen. Seperti daftar harga tiket pesawat. Meskipun mungkin Anda merasa informasi yang ada sudah cukup menjelaskan namun, tidak demikian konsumen menerimanya. Terkadang, ada saja konsumen yang ingin mengetahui secara jelas fasilitas apa saja yang akan diterima ketika terbang dengan membeli tiket pesawat garuda. Ada pula konsumen yang ingin mengetahui secara jelas fasilitas apa saja yang akan mereka terima ketika menginap di hotel berbintang empat yang ditawarkan satu paket dengan tiket pesawat promo. Solusi termudah adalah membuat informasi mengenai apapun di website  dengan lebih baik, sajikan sejelas mungkin agar konsumen dapat lebih mantap mempercayakan pelayanan dari bisnis Anda. 

  2. Tidak Adanya Fitur Pencarian yang Mumpuni di Website

    Apa jadinya jika di sebuah website biro tour and travel tidak dilengkapi fitur pencarian yang mumpuni. Jika itu termasuk masalah yang Anda alami, maka tantangannya, Anda harus menyematkan software yang mendukung fitur pencarian bekerja secara mumpuni ketika digunakan oleh konsumen. Sebuah bisnis travel khususnya yang dijalankan secara online, haruslah memiliki fitur pencarian dalam websitenya. Fitur tersebut akan membantu setiap konsumen memperoleh kepastian mengenai harga produk travel yang dicari. Seperti website Via.com Indonesia yang memiliki fitur one single window dimana hanya dengan satu tampilan window dan sekali login maka Anda bisa melakukan transaksi penjualan dari seluruh produk yang tersedia di Via.com secara cepat dan mudah kapanpun dan dimanapun. Cukup memiliki perangkat gadget dengan jaringan internet, Anda sudah bisa menjalankan bisnis online travel agent. Anda jadi bisa melihat seluruh harga penerbangan hanya dalam satu klik dalam satu tampilan, tentunya akan menghemat waktu dalam melayani pelanggan karena websitenya yang user-friendly. Anda tidak perlu repot untuk membuka beberapa layar dan dapat dipilih berdasarkan keberangkatan dan harga tiket. Ditambah lagi fitur layanan costumer service yang selalu siap sedia 24/7 akan sangat membantu pelanggan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya yang mereka butuhkan.

  3. Kurang Update terhadap Sistem Reservasi

    Apakah Anda masih sering menerima keluhan konsumen yang kesulitan setiap kali melakukan pemesanan tiket pesawat? Jika iya, maka dapat dipastikan website biro tour and travel tersebut kurang update sistem reservasi di dalamnya. Sehingga setiap kali ada konsumen yang hendak membeli tiket pesawat Sriwijaya atau dari maskapai penerbangan lain, selalu mengalami kendala. Solusinya adalah dengan rajin untuk update sistem reservasi tiket pesawat untuk website travel Anda.

  4. Konektivitas Internet yang Tidak Stabil

    Bisnis travel yang Anda jalankan dengan sistem online pastilah terhubung dengan konektivitas internet. Konektivitas internet tidak selalu berjalan dengan stabil. Sewaktu-waktu ada kalanya akan terputus tepat saat melayani sistem pemesanan tiket pesawat online. Tidak perlu panik, solusi yang perlu Anda lakukan adalah mengandalkan dua layanan konektivitas internet. Lebih baik lagi jika Anda memilih jasa penyedia layanan konektivitas internet yang cepat dan terpercaya.

    Keempat tantangan di atas umum terjadi pada setiap bisnis travel online. Bijaklah untuk menyiapkan solusi jauh-jauh hari. Bisnis Anda pun dapat terus berjalan dan bersaing sehat, meskipun tantangan datang di waktu yang terduga karena Anda sudah mengetahui solusi apa yang harus dilakukan. Semoga bermanfaat!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x