Mohon tunggu...
L Sianturi
L Sianturi Mohon Tunggu... L.Sianturi

L.Sianturi

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Mengenang Kunjungan BJ Habibie ke Balige 26 Tahun Silam

12 September 2019   02:34 Diperbarui: 12 September 2019   02:45 0 1 1 Mohon Tunggu...
Mengenang Kunjungan BJ Habibie ke Balige 26 Tahun Silam
Foto, Prof.Dr.Ing.Bacharuddin Habibie,FREng dan Mendikbud DR.Ir.Wardiman Djojonegoro didampingi Letjen (Purn.)T.B.Silalahi

Toba Samosir, 11/9 (HR), Mantan Presiden Republik Indonesia ke-3 Prof.Dr.Ing.Bacharuddin Jusuf Habibie,FREng telah meninggal dunia pada tanggal 11/9 di RSPAD Gatot Subroto pada pukul 18.05 WIB.

Berita  duka ini langsung disampaikan oleh Putra BJ.Habibie sendiri (Ilham Akbar Habibie) melalui siaran langsung di beberapa  Media Nasional (Televisi Republik Indonesia)atau media Elektronik lainnya. 

Berita ini sontak langsung membuat seluruh masyarakat Indonesia berdukacita atas berpulangnya Prof.  Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng yang dikenal oleh bangsa ini sebagai salah satu Putra terbaik bangsa Republik Indonesia, dan dikenal sebagai Tokoh Demokrasi Indonesia, Tokoh Pembebasan Pers, Tokoh (IPTEK) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, seorang Ilmuwan dan Cendikiawan yang sangat pintar sebagaimana tatapan matanya yang begitu tajam,juga dikenal  sebagai warganegara Indonesia dan sebagai warga kehormatan Jerman.

Pemerintah Republik Indonesia dalam suasana  duka cita ini memerintahkan seluruh rakyat Indonesia mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan atas wafatnya Mantan Presiden ke-3 Republik Indonesia Prof.Dr.Ing.Bacharuddin Jusuf Habibie,FREng selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 12-14 september 2019.

Prof.Dr.Ing.Bacharuddin Jusuf Habibie,FREng sebelum menjadi Menteri Riset dan Teknologi pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi salah satu Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang berada dibawah Koordinasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 

Pada tahun 1974 Prof.Dr.Ing.Bacharuddin Jusuf Habibie,FREng diangkat sebagai Penasehat Pemerintah di bidang Advance Teknologi dan Teknologi Penerbangan yang bertanggungjawab langsung kepada Presiden,(sumber Info BPPT).

Atas prestasi B.J.Habibie, Pemerintah Republik Indonesia memberikan beberapa Jabatan penting atas prestasi dan kejeniusannya sendiri dibidang teknologi.

Pada 14 April  1993 Prof.Dr.Ing.Bacharuddin Jusuf Habibie,FREng bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan DR.Ir Wardiman Djojonegoro mengunjungi Yayasan Soposurung di Soposurung Balige didampingi oleh Ketua Pembina Yayasan Soposurung Letjen (Purn) T.B.Silalahi,Gubernur Sumatera Utara Raja Inal Siregar, Bupati Tapanuli Utara Lundu Panjaitan dan beberapa pejabat lainnya termasuk Tokoh Pengamat Ekonomi  Dr.Pande Radja Silalahi dan beberapa Tokoh lainnya.

Pada tahun 1993  Balige masih bagian dari salah satu Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara.

Prof.Dr.Ing.Bacharuddin Habibie,FREng saat melambaikan tangannya ke masyarakat yang menyambutnya di Lapangan Mini Soposurung
Prof.Dr.Ing.Bacharuddin Habibie,FREng saat melambaikan tangannya ke masyarakat yang menyambutnya di Lapangan Mini Soposurung
Sambutan Prof.Dr.Ing.Bacharuddin Jusuf Habibie,FREng di Yayasan Soposurung (Lapangan Mini) Soposurung Balige pada waktu itu menyampaikan bahwa siapa yang menguasai IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dialah yang menguasai Dunia ini. 

B.J.Habibie memberikan salah satu contoh pada waktu itu tentang teknologi, ia mengatakan bahwa Indonesia (kita) menjual besi hanya dengan Rp.2000 per/Kg kepada Luar Negeri,  tetapi oleh penguasaan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) oleh Jerman, besi yang kita jual tersebut didesain dengan teknologi tinggi seperti Mobil Mercedes Bens yang beratnya hanya  1,3 ton kembali kita beli dengan harga ratusan juta rupiah,demikian B.J. Habibie.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2