Mohon tunggu...
Kyndaerim
Kyndaerim Mohon Tunggu... Penulis - Blogger Perempuan asal Sumatera Utara

Owner: kyndaerim.com Penulis puisi, cerpen, dan cerbung. Tinggal di Bali, asal Sumatera Utara.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menumbuhkan Jiwa Patriotisme Anak

9 September 2020   18:16 Diperbarui: 9 September 2020   18:15 224 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Halo semua. Masih semangat ya untuk selalu jaga imunitas tubuh supaya nggak gampang sakit dan jangan lupa untuk persiapkan peralatan new normal kamu saat berada dan berkegiatan di luar rumah.

Saya pernah menonton iklan susu formula di tv. Konsepnya adalah, anak-anak yang tanggap menolong saat ada orang kesulitan. Kira-kira dalam realita kehidupan, ada nggak anak-anak yang cepat tanggap menolong seperti dalam iklan? Satu dari sekian banyak pasti ada ya.

Kemampuan cepat tanggap anak pasti tidak tumbuh begitu saja. Ada banyak hal yang mempengaruhi sifat dan sikap tersebut. Salah satunya adalah peran orangtua dan kerabat. 

Jika kemampuan bergerak cepat untuk peduli terhadap orang lain tidak diajarkan sejak dini, maka bisa saja anak-anak terlambat untuk memahami arti dari rasa empati terhadap orang lain. Maka dari itu, contoh perilaku yang baik dari orang-orang terdekat sangatlah penting.

Mempersiapkan Beberapa Aspek dalam Diri Anak

Tugas orangtua tidak hanya merawat dan membesarkan anak. Namun juga mendidik anak untuk menjadi pribadi yang baik. Proses mendidik ini adalah jauh lebih penting daripada harus melengkapi sarana dan prasarananya.

Dalam Islam, mendidik dan menyiapkan generasi pantang menyerah adalah sesuai dengan Al-Qur'an, Hadist, dan merupakan sunnah Rasul. Dari sanalah sebagai orangtua bisa memulai untuk lebih menegakkan panji-panji Islam.

Ada beberapa aspek untuk mempersiapkan hal tersebut, di antaranya:

Ruhiyah

Ruhiyah adalah bekal Islami yang harus ada dalam diri setiap muslim. Mendidik anak untuk mengenal siapa penciptanya adalah hal termasuk aspek ruhiyah. Menanamkan dalam jiwa anak untuk selalu mengharapkan ridha serta pahala dari Allah. 

Jika anak sudah memahami hal tersebut, maka anak akan segera mentaati setiap perintahNya. Seperti melaksanakan shalat 5 waktu, berpuasa, sedekah, dsb. Menceritakan kisah pahlawan-pahlawan Islam, kemudian menjadikannya sebagai panutan.

Akal yang Baik

Akal adalah suatu rohaniah yang dimiliki manusia yang berfungsi untuk membedakan salah dan benar, serta menganalisis sesuatu yang kemampuannya. 

Mempersiapkan akal yang baik, adalah dengan menceritakan kisah-kisah kaum muslimin pada zaman Bani Umayah, Bani Abasiyah, dan Khulafur Rasyidin. Kemudian, coba membandingkannya dengan zaman sekarang. Cara ini bertujuan agar anak mengerti betapa jauh bedanya perjuangan kaum muslimin dikedua zaman tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan