Mohon tunggu...
Lensa Karana Media
Lensa Karana Media Mohon Tunggu... Penulis - Media komunikasi Pramuka Banyuwangi

Akun official Lensa Karana Media untuk semua informasi tentang Pramuka Banyuwangi dan Nasional serta informasi positif lainnya, info Update liputan kontak 085236662268

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Komitmen Tingkatkan Kualitas Pembinaan Generasi Muda, Kemenag Banyuwangi Selenggarakan KMD 2018

2 November 2018   10:37 Diperbarui: 2 November 2018   11:02 633
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BANYUWANGI - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banyuwangi mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) untuk para pembina di bawah naungan Kementerian Agama di tingkat MI, MTs, dan MA negeri maupun swasta diikuti oleh lebih kurang 75 orang.

KMD dilaksanakan di bumi perkemahan MAN 3 Banyuwangi mulai Jumat hingga Minggu (26-28/10/2018) untuk tahap pertama dan tahap kedua dilaksanakan pada Jumat hingga Minggu (2-4/11/2018).

Faturrahman, Ketua Panitia KMD mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah agar kakak-kakak pembina pramuka di gugusdepan dapat lebih mendalami pramuka dan bisa mengelola gudep dengan baik. Sehingga nantinya setelah mengikuti kegiatan ini, dapat membina adik-adik pada golongan siaga, penggalang, maupun penegak.

"Jadi seluruh Kamabigus di Madrasah di Kabupaten Banyuwangi ingin membekali kakak-kakak pembina Pramuka. Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk menjawab persiapan perkemahan jambore dalam rangka memperingati HAB (Hari Amal Bakti) Kemenag ke-73 di tahun ini. Diharapkan, para pembina siap untuk menjadi panitia dalam perkemahan bakti kementerian agama 2018," imbuhnya.

Dia berpesan, agar para pembina dapat menerapkan ilmu yang didapat melalui kegiatan ini di gudep masing-masing. Karena untuk saat ini, peserta masih setengah-setengah dalam memahami pramuka akan tetapi setelah mengikuti kegiatan ini peserta kursus bisa memahami pramuka dan cara menjadi pembina dengan baik.

"Kegiatan yang dilakukan adalah pemberian materi yang sudah ditentukan sesuai jadwal oleh masing-masing pelatih, contohnya mengenai perkemahan. Mereka harus mandiri dalam semua hal, lalu kewirausahaan, dan juga bisnis. Untuk pemilihan tempat itu, karena MAN 3 Banyuwangi posisinya berada di tengah-tengah baik dari Banyuwangi utara maupun selatan," ujar Fatur.

Dia mengaku, pihak Kwartir Cabang sangat mendukung dan berperan aktif dalam kegiatan KMD di lingkup Kementerian Agama.

"Saya mendapat banyak masukan dari kakak-kakak yang sudah mengikuti KMD untuk diadakan kegiatan KML. Jadi nantinya pada tahun 2019 akan diadakan kegiatan KMD sekaligus KML bagi seluruh pembina gugusdepan se Kabupaten Banyuwangi," pungkasnya.

Siti Mu'anifah, salah satu peserta kursus asal gugusdepan MI Negeri 3 Banyuwangi mengungkapkan, melalui kegiatan ini dia dapat memperdalam pengetahuan tentang Pramuka. Selain itu juga dapat bertemu dengan pembina dari berbagai gugusdepan, sehingga dapat bertukar pikiran untuk mengembangkan gugusdepan.

"Untuk kegiatan selanjutnya, kami harap ada rencana tindak lanjut seperti yang disampaikan oleh pelatih bahwa akan dilaksanakan perkemahan jambore untuk memperingati HAB Kemenag ke-73 dan semoga rencana jangka panjang akan dilaksanakan kegiatan KML di 2019," tambahnya.

Penulis: Destyan Nico P
Editor: Mohamad Arif Fajartono

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun