Muda

Rekruitmen, UKM Pramuka STIKES Banyuwangi 'Kembali ke Alam'

12 September 2017   08:55 Diperbarui: 12 September 2017   08:57 378 0 0
Rekruitmen, UKM Pramuka STIKES Banyuwangi 'Kembali ke Alam'
whatsapp-image-2017-09-10-at-14-14-17-59b73e9db48b740a3d46b0e2.jpeg

BANYUWANGI, Kwarcab Banyuwangi -- Gerakan Pramuka Gugusdepan Banyuwangi 02-401/402 yang berpangkalan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi sukses menggelar kegiatan susur sungai, Sabtu (9/9/2017). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangkaian orientasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Stikes Banyuwangi bagi mahasiswa baru Tahun Ajaran 2017/2018. Perjalanan susur sungai menempuh rute dari rintisan wisata keli-kelian Dusun Mondoluko Desa Taman Suruh menuju Air Terjun Jagir Kampung Anyar.

Pembina UKM Pramuka Stikes Banyuwangi, Mohamad Arif Fajartono memberikan pengarahan kepada para peserta susur sungai bahwa cara menikmati alam terbuka khas ala pramuka salah satunya adalah susur sungai, namun adik-adik harus tetap waspada karena kegiatan ini tetap mengandung resiko diantaranya kaki terkilir dan lintah.

"Kepramukaan itu bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari secara tekun, bukan pula kumpulan ajaran dan naskah. Kepramukaan adalah suatu permaianan yang menyenangkan di alam terbuka, tempat orang dewasa dan orang muda pergi bersama-sama melakukan pengembaraan seperti kakak beradik, membina kesehatan dan kebahagiaan, keterampilan dan kesediaan memberi pertolongan," tambah Arif, PNS Dinas Komunikasi dan Informatika yang juga menjabat sebagai Andalan (pengurus) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banyuwangi.

Rekrutmen anggota UKM Pramuka periode ini dibuat berbeda dari tahun sebelumnya yang terkesan kurang terbuka. Ketua Panitia Penerimaan Anggota UKM Pramuka Stikes Banyuwangi Tahun 2017, Nur Dina Kamelia menuturkan bahwa pola yang digunakan adalah memberikan penawaran kegiatan alam terbuka susur sungai kepada mahasiswa baru Stikes Banyuwangi tahun ajaran 2017/2018.

"Kawan-kawan yang memang di dalamnya terdapat benih jiwa pramuka pasti akan tertarik mengikuti kegiatan ini dengan sukarela. Maklum, tidak semua orang menyukai kegiatan di alam terbuka. Sehingga UKM Pramuka yakin bisa mendapatkan kader yang berkualitas di tahun ini," ungkap Dina yang merupakan mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan.

Hasil rekrutmen UKM Pramuka periode tahun ini mendapatkan 10 orang anggota dari unsur mahasiswa dengan rincian 7 orang prodi S1 Ilmu Keperawatan, 2 orang prodi D3 Farmasi, dan 1 orang prodi D3 Kebidanan.

Selain itu, UKM Pramuka juga memberikan kesempatan kepada remaja yang tidak melanjutkan kuliah untuk mendapatkan kesempatan berkegiatan pramuka, hasilnya 6 orang menyatakan diri bergabung dalam wadah Gugusdepan yang berpangkalan di Stikes Banyuwangi.

"Hal itu sesuai dengan ketentuan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 180 A Tahun 2011 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Gugus Depan Gerakan Pramuka Yang Berpangkalan Di Kampus Perguruan Tinggi yang mengatur bahwa gudep perguruan tinggi anggotanya terbuka untuk para mahasiswa, keluarga tenaga pengajar, keluarga tenaga administrasi, dan anak-anak serta pemuda-pemuda yang ada di sekitar kampus perguruan tinggi," pungkas Dina.

Salah satu peserta susur sungai dari prodi D3 Farmasi, Widiastri Dhella Ariani mengungkapkan kesan bahwa kegiatannya asik, keren, menarik, pengalaman yang tidak terlupakan, punya rekan baru, dan menantang karena kami tidak tahu rute perjalanan yang penting mengikuti arah sungai saja, yang jelas saya sangat senang dengan kegiatan yang berkaitan dengan alam.

"Semoga kedepan kita bisa menyelenggarakan kegiatan ini lagi dengan melibatkan adik-adik pramuka yang berpangkalan di SMA dan SMK di Kabupaten Banyuwangi. Harapannya adalah jika mereka nantinya berminat menjadi mahasiswa Stikes Banyuwangi, maka bisa direkrut sebagai anggota UKM Pramuka," tambah Widi.

 

Reporter        : Nur Dina Kamelia

Editor             : Rofi'udin