Mohon tunggu...
wulan guritno
wulan guritno Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa Ubhara surabaya

Just being who am i. Trust no one

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemberian Materi Tentang Etika Dasar kepada Siswa Kelas 4 di SDN Sukolelo I Prigen, Pasuruan Jawa Timur

30 November 2022   18:07 Diperbarui: 30 November 2022   18:09 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pasuruan, 26 November 2022 -- Etika suatu hal yang tidak akan pernah lepas dari kehidupan bersosial kita semua didalam masyarakat. Selain norma, etika ini mengikat kita untuk berperilaku sopan kepada yang lainnya, baik kepada teman sebaya dan orang yang lebih tua dari kita. 

Selain itu, pada zaman modern saat ini pembelajaran tentang etika dasar kurang di ajarkan dan diterapkan. Maka dari itu jaman sekarang kita temukan ada beberapa kasus tentang pelanggaran etika ini dan anak jaman sekarang terkesan kurang memiliki sopan santun kepada yang lebih tua karena mereka kurang mengerti apa konsekuensi yang akan mereka dapatkan jika tidak beretika dan apa hal baik yang akan datang padanya jika ia beretika.

Kami dari kelompok KKN Tematik 034 dari Universitas Bhayangkara Surabaya menyadari akan hal ini dan pada pelaksanaan program kerja mengedukasi siswa dan siswi SD kali ini kami mengunjungi SDN 1 Sukolelo untuk memberikan pengajaran dan materi tentang etika dasar ini.

Kami memilih sasaran siswa SD yang berada di kelas 4 karena bagi kami untuk pelajaran mengenai etika perlu di kenalkan dan perlu dijelaskan kepada anak sejak dini karena pada umur umur sekian daya tangkap anak lebih besar. Maka dari itu kami harapkan dengan kedatangan kami di sekolah itu dengan memberikan pengajaran tentang etika dasar ini bisa di realisasikan dan bisa diterima oleh anak-anak. Akan baik jika mereka bisa melaksanakan etika yang kami ajarkan tersebut.

Dokpri
Dokpri

Selain memberikan materi kami juga memberikan sedikit kuis dan hadiah kepada mereka sebagai bentuk apresiasi untuk mereka yang sudah berani menjawab pertanyaan dan berani maju kedepan bersama kami, pemberian materi ini tidak hanya pemaparan power point tetapi pempelajaran melalui audio visual juga karena pembelajaran menggunakan audio visual ini bisa lebih menarik perhatian murid dan supaya mereka tidak bosan.

Dokpri
Dokpri

Kedatangan kami disambut baik oleh para guru dan kepala sekolahnya serta muridnya, terutama murid di kelas 4 ini. Dan lagi untuk para murid yang lainnya juga ada yang menyapa kami dan berbincang sedikit dengan kami. 

Meskipun singkat kami menghabiskan waktu yang seru bersama mereka. Harapan kami selain membuat mereka mengerti apa itu etika dasar, kami juga bisa akrab dan menjalin hubungan yang baik dengan mereka yang bersekolah disana dengan para guru gurunya. Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menjalin tali silahturahmi antara pihak sekolah dengan kelompok KKN.         

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun