Mohon tunggu...
Edukasi

Mengenal Sejarah Pendidikan melalui Museum Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia

2 Juni 2015   20:43 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:23 0 0 0 Mohon Tunggu...

Perkembangan dunia pariwisata saat ini cukup pesat adanya, terutama di kota Bandung. Wisata alam, maupun wisata buatan sangat diminati oleh banyak pendatang dari banyak tempat di seluruh Indonesia yang berwisata ke Bandung. Salah satu tujuan wisata yang saat ini sedang gencar dikampanyekan yakni wisata museum, yang masuk kedalam kategori wisata pendidikan. Dewasa ini wisata pendidikan mulai diminati oleh banyak institusi penyelenggara pendidikan, seperti taman kanak-kanak, pendidikan tingkat dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs) hingga pendidikan tingkat atas (SMA/MA/SMK). Mereka biasanya menyelenggarakan kegiatan semisal field trip, study tour, atau yang biasa dikenal dengan istilah karyawisata.

Dengan diresmikannya Museum Pendidikan Nasional di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, (02/05/2015) yaitu bertepatan dengan hari pendidikan nasional oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan sejumlah pemerintah kota lainya, maka sekarang pilihan untuk melakuakan kegiatan wisata pendidikan di kota Bandung semakin variatif, terlebih sebelum diresmikannya MPN atau Museum Pendidikan Nasional, Universitas Pendidikan Indonesia telah sering menerima kunjungan dari banyak institusi pendidikan dalam rangka karyawisata ataupun studi banding.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat dan pelajar, kami mahasiswa dari Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata (MPP) Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan sosialisasi bertema “Mengenal Sejarah Pendidikan melalui Museum Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia” yang diadakan pada hari Rabu, 20 Mei 2015 lalu, bertempat di SMKN I Bandung. Acara ini dilakukan dalam rangka Public Relations Campaign yang merupakan salah satu bagian dari penugasan mata kuliah di program studi kami, sekaligus sebagai salah satu skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa Manajemen Pemasaran Pariwisata dan acara ini juga merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan Museum Pendidikan Nasional sebagai salah satu destinasi baru di Kota Bandung.

Kampanye yang diadakan di SMKN I Bandung kemarin diikuti oleh 50 peserta. Dalam kampanye ini terdapat berbagai kegiatan diantaranya yaitu sosialisasi tentang Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata dan seminar tentang Museum Pendidikan Nasional UPI.

Disini, kami juga tidak hanya memasarkan produk tetapi juga memberikan motivasi dan informasi mengenai dunia perkuliahan, jadi dapat dikatakan bahwa; memasarkan destinasi wisata ini adalah tugas utama, dan memotivasi para peserta mengenai dunia perkuliahan adalah salah satu bentuk kegiatan sosial yang dapat memberikan pencerahan kepada para siswa-siswi di SMKN I Bandung ini.

Sesi presentasi berlangsung selama 1 jam 30 menit, dan diikuti dengan antusiasme dari siswa-siswi SMK 1 Bandung. Kedatangan kami juga disambut hangat oleh guru serta peserta presentasi yang merupakan siswa-siswi dari jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW). Semoga saja, dengan adanya Public Relations Campaign, yang berupa sosialisasi ini dapat memberikan motivasi kepada para pelajar, juga dapat membantu untuk memasarkan Museum Pendidikan Nasional UPI kedepannya.

VIDEO PILIHAN