Mohon tunggu...
ahmad deniardiyanto
ahmad deniardiyanto Mohon Tunggu... Freelancer - Suami yang sayang Keluarga

Lahir Di Temnggung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1

8 Juli 2020   00:33 Diperbarui: 8 Juli 2020   19:54 2557 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Awal Tahun ajaran Baru 2020/2021 akan segera dilaksanakan. Tidak ada salahnya mulai dari sekarang untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Tak terkecuali RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 Revisi 2020.

Mengapa RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 harus segera disiapkan ?, karena RPP satu lembar jenjang SD/MI ini merupakan hal yang masih dibilang baru. Karena untuk RPP satu Lembar kelas 1 Semester Ganjil ini Perangkat Pembelajarannya baru akan digunakan dan belum semua guru / pendidik menyusun perangat ajar ini.

Untuk itu disini kami mencoba memberikan contoh referensi bentuk RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1 Format 1 lembar. RPP satu lembar kelas 1 ini merupakan contoh yang bisa anda gunakan sebagai landasan untuk menyusun RPP tema -- tema selanjutnya.

Contoh RPP Kelas 1 Tema 1

Untuk mendapatkan RPP Kelas 1 Semua Sub Tema Silahkan Klik (RPP 1 Kelas 1 Tema 1 Subtema 1,2,3 dan 4 )

Di bawah ini merupakan Contoh RPP yang disusun berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan No 14 Tahun 2019. Dimana RPPnya disusun dengan mengunakan tiga komposisi utama yaitu tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Asesmen. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh di bawah ini :

RPP Kelas / Semester 1 /1, Tema Diriku (Tema 1), Sub Tema Tubuhku (Sub Tema 2 ), Pembelajaran ke 3, Alokasi waktu 1 Hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan posisi yang tepat saat duduk dan membaca.
  2. Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan jarak yang tepat antar mata dan objek saat membaca.
  3.  Dengan Kegitan menyanyi yang dibimbing oleh guru siswa dapat membilang 1 sampai dengan 10 dengan bantuan jari tangan.
  4. Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi banyaknya benda dalam suatu kelompok dan menunjukkan lambang bilangannya.
  5. Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menggali informasi tentang waktu yang tepat untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  1. Membuka Pelajaran Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang materi dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

  1. Guru memancing siswa dengan bertanya apakah ada yang suka membaca? Buku apa yang suka dibaca? Minta siswa mendemonstrasikan posisi duduk dan jarak mata dengan objek saat membaca di rumah.
  2. Setelah itu, guru memberikan materi kepada siswa kemudian memperlihatkan gambar yang menunjukkan posisi tutuh yang tepat saat duduk.
  3. Guru lalu mendemonstrasikan posisi tubuh sesuai dengan gambar yang barusan diperlihatkan, baik posisi tubuh yang tepat maupun yang salah.
  4. Setelah itu, guru meminta siswa untuk berdiri. Guru memberi arahan kepada siswa untuk bernyanyi dan siswa diajak untuk mengenal nama-nama jari sambil menunjukkan jari yang dimaksud. (lihat buku siswa di halaman 53).
  5. Guru mengajak siswa untuk membilang 1 sampai dengan 10 dengan menggunakan jari. Kegiatan ini diulang beberapa kali.
  6. Kemudian, guru meminta siswa berlatih mengerjakan soal di halaman 54. Siswa mengerjakan sambil duduk dengan posisi tubuh yang tepat serta mengatur jarak antara mata dengan buku siswa.
  7. Guru mengapresiasi jawaban siswa. Guru lalu dengan meminta siswa mengamati gambar di buku siswa pada halaman 56.
  8. Guru lalu menunjuk beberapa siswa secara acak untuk minta siswa untuk menceritakan apa yang dilakukan oleh Siti di gambar tersebut dan membandingkannya dengan rutinitas siswa tersebut di rumah saat akan tidur dan bangun pagi.(Creativity and Innovation)

Penutup

  1. Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.
  2. Peserta Didik : Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  3. Guru :   Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan