Mohon tunggu...
Kusworo
Kusworo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penjelajah Bumi Allah Azza wa Jalla Yang Maha Luas Dan Indah

Pecinta Dan Penikmat Perjalanan Sambil Mentadaburi Alam Ciptaan Allah Swt

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Momentum Kebangkitan Mandira Baruga, Kawasan Wisata Budaya Terpadu di Yogyakarta

29 Juli 2022   10:15 Diperbarui: 29 Juli 2022   11:00 400 13 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pentas Seni Budaya di Jogyakarta | Dok. Pribadi

"Hamonan Putih naik diatas tubuh para raksasa yang menjadi lawan tarungnya. Raksasa lain mulai mengeroyoknya dengan serentak. Namun dengan jenaka Hanoman putih itu menjadikan mainan kuda-kudaan untuknya. Lalu dengan sekali pukul...Bam!!! para raksasa itu pun terpental.... Itulah sekelumit cerita episode Ramayana Ballet Purawisata, yang dipentaskan di Purawisata Amphitheater-Jogja. Sebuah pertunjukan budaya penuh edukasi yang patut dilihat semua masyarakat Indonesia.

Berada di Kawasan Wisata Budaya Terpadu, Mandira Baruga, Jogyakarta; Pentas Budaya Bangsa ini selalu tampil konsisten menjaga dan melestarikan Budaya khas Jawa yang kini aktivitasnya semakin menggeliat, menggelora dan membahana. Menjadikan semangat juang pahlawan bangsa meraih kemerdekaan pada Agustus 2022 ini sebagai Momentum Kebaangkitanya. Kebangkitan Kawasan Wisata Terpadu di Jogyakarta".

 

 

Agustus 2022 ini merupakan momentum kebangkitan Mandira Baruga.  Kawasan Wisata Budaya Terpadu di Jogyakarta ini mengeliat.  Geliatnya terlihat sejak awal Agustus 2022. Ditandai dengan pagelaran Bazar dan Pameran Produk-produk UMKM andalan D.I. Jogyakarta khususnya dan Jawa Tengah umumnya pada 4 - 6 Agustus 2022. Acara yang juga dimeriahkan dengan Talk Show, Fashion Show, Folklore dan hiburan ini digagas bersama Team Manajemen Mandira Baruga, yang dikomandani Ibu Dr.dr.Ulla Nuchrawati MM; saat mengolah gagasan ini di wakili Ibu Yuli Ginting dan Ibu Edy Wijayanti  dengan Bendoro Raden Ayu, Ibu Iriani Pramastuti selaku pembina UMKM D.I. Jogyakarta.


Sarasehan bertema "Geliat Masa Depan Kebudayaan dan Kepariwisataan di Indonesia Pasca Pandemi" akan di gelar di Ballroom Hotel Tasneem, di Kawasan Wisata Budaya Terpadu, Mandira Baruga,  pada 6 Agustus 2022. Menghadirkan Narasumber Dr. Sandiaga S Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (dalam proses konfirmasi) , Budayawan dan Tokoh Masyarakat, MH  Ainun Nadjib, serta Prof. Dr. Ir. Wiendu Nuryanti, M.Arch. Ph.D Tokoh Nasional. Sarasehan akan dipandu oleh Moderator, Dr.dr. Ulla Nuchrawaty, MM.

Sementara di Purawisata Amphitheater, diselenggarakan Lomba Tari Budaya Konservasi Ramayana yang melibatkankan hampir puluhan sanggar tari di DI Jogyakarta dan sekitarnya. Anak-anak muda pecinta seni budaya tari ini akan berlomba kreasi seni tari konservasi Ramayana. Sebuah sendratari yang melegenda yang memiliki beberapa kreasi seni budaya drama tari dalam aplikasinya di seluruh dunia.

Di Purawisata Amphitheater, sendratari ini dikenal dengan nama Ramayana Ballet Purawisata yang telah eksis mementaskan sendratari ini selama 46 tahun hingga saat ini. Dan telah tercatat dalam rekor MURI sebagai satu-satu nya sendratari Ramayana yang pentas non stop setiap malam selama 43 Tahun. Dalam masa Pandemi pentas Ramayana Ballet Purawisata ini sempat berhenti beberapa waktu saat, namun sejak awal 2022  telah bangkit kembali menunjukan eksistensinya.

Puncak pagelaran acara akan dilakukan pada 10 Agustus 2022, menampilkan Magnificent Ramayana Ballet Purawisata. Sebuah pegelaran sendratari Ramayana dengan segala keindahan gerak tubuh, dinamika cerita dan ekspresi para penari di dalamnya menjadi sebuah suguhan budaya yang penuh pesona, yang diselenggarakan di Purawisata Amphitheater, Kawasan Wisata Budaya Terpadu, Jogyakarta.

Calender Event Yang Bisa Diikuti Masyarakat Luas | Dok.Pribadi
Calender Event Yang Bisa Diikuti Masyarakat Luas | Dok.Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan