Mohon tunggu...
Kuswanto
Kuswanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

Mahasiswa yang sedang KKN

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penguatan Pembelajaran Daring bagi Siswa dalam Masa Pandemi Covid-19

28 Juli 2021   18:04 Diperbarui: 28 Juli 2021   18:08 67 1 1 Mohon Tunggu...

Pandemi covid-19 telah menyebar di indonesia selama setahun lebih, yang telah merubah segala hall menjadi sulit. Pemerintah juga melakukan berbagai upaya pencegahan untuk penyebaran covid-19, yaitu dengan cara memberikan kebijakan social distancing, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga sekarang melakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai dari ppkm darurat hingga ppkm level 4. Maka dari itu mahasiswa universitas pendidikan indonesia melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara online/daring, demi mencegah penyebaran covid-19.

Universitas Pendidikan Indonesia mempunyai tema Membangun Desa Dalam Bidang Pendidikan Atau Ekonomi. Untuk bidang pendidikan kegiatannya dilakukan di sekolah, mulai dari TK hingga SMA. Sedangkan untuk bidang ekonomi kegiatannya yaitu tentang membantu mengembangkan usaha ekonomi masyarakat sekitar (UMKM/Bumdes). 

Dengan hal itu maka diharapkan mahasiswa upi yang melaksanakan kkn  dapat membantu masyarakat sekitar sesuai dengan tema yang dipilih (pendidikan / ekonomi).

Seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa UPI dalam melaksanakan KKN yang memilih tema Membangun Desa Dalam Bidang Pendidikan, mahasiswa tersebut membantu penguatan pembelajaran daring di SD sekitar rumahnya, yaitu SDN 2 Karanganyar. 

Mahasiswa tersebut berkolaborasi dengan guru atau wali kelas 2 yaitu Ibu Desri, S.Pd. untuk mempersiapkan pembelajaran daring, seperti membuat bahan ajar hingga melakukan simulasi pembelajaran daring bersama wali murid. 

Karena masih banyak wali murid yang tidak mengerti bagaima cara menggunakan aplikasi google meet, maka mahasiswa dan wali kelas pun memberikan edukasi atau tutorial kepada wali murid tentang cara penggunaan Google Meet. 

Dengan dilakukannya hal tersebut diharapkan wali murid dapat membimbing dan mendampingi murid menggunakan Google Meet dengan baik/lancar. 

Tidak lupa pula diadaknnya grup WhatsApp untuk wali murid agar lebih mudah untuk memberikan edukasi mengenai Google Meet, lalu tentang pembuatan bahan ajar yang menarik juga mahasiswa mengharapkan agar pembelajaran daring terasa lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa-siswa SDN 2 Karanganyar.

 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN