Mohon tunggu...
Kusuma RidhoFadillah
Kusuma RidhoFadillah Mohon Tunggu... Freelancer - Newbie writer

nerdbarbie

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Antusiasme Warga Kadipiro dalam Pengedukasian tentang Virus Corona

3 Agustus 2020   00:17 Diperbarui: 3 Agustus 2020   00:04 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama saya Kusuma Ridho Fadillah/K7117121 dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Saat ini saya sedang melaksanakan KKN sebagaimana mestinya untuk memenuhi mata kuliah yang telah diambil. 

Seperti yang kita ketahui, dengan adanya pandemi Covid-19 ini membuat kondisi dunia menjadi berbeda, begitu pula dengan KKN UNS pada tahun 2020 ini. 

KKN pada tahun ini mengusung tema Tanggap Wabah Covid-19 yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kewaspadaan masyarakat dengan hal-hal yang berhubungan dengan pandemi ini. KKN yang saya lakukan berada pada alamat domisili saya, yakni Kadipiro RT 08/03, Banjarsari, Surakarta.

Kegiatan yang saya lakukan dalam KKN ini sangat beragam, salah satunya yakni pengedukasian ilmu seputar Covid-19 secara online. Pengedukasian dilakukan secara online untuk meminimalisir masyarakat berkerumun. 

Pengedukasian secara online dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Pada saat saya melakukan pengedukasian secara online, banyak ibu-ibu yang sangat berantusias untuk berdiskusi tentang informasi yang saya berikan. 

Tidak hanya itu, informasi yang saya berikan juga ikut disebar-luaskan ke grup-grup lain yang mereka punya. Hal ini membuktikan bahwa KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 membawa dampak yang positif karena dapat membantu pemerintah untuk membuat warga nya menjadi melek informasi seputar Covid-19.

Selain itu, saya juga menyediakan fasilitas untuk cuci tangan. Tempat cuci tangan ini dipasang di warung-warung yang sering dikunjungi oleh warga setempat. 

Hal ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus karena tempat-tempat tersebut merupakan tempat yang rawan untuk virus menyebar. Untuk penjual, saya berikan handsanitizer agar tidak terlalu ribet mondar-mandir cuci tangan dalam melayani pembeli. Sehingga transaksi jual beli yang dilakukan tetap dalam keadaan yang higienis.

Pengadaan masker sebagai alat pelindung diri dirasa cukup penting. Saya juga membagikan beberapa masker untuk warga setempat. Saat saya membagikan masker, saya juga mengedukasi warga tatacara penggunaan, pencucian dan penyimpanan masker yang benar.

Warga yang semula masih berkerumun dengan tanpa menggunakan masker, kini menjadi lebih disiplin dalam penggunaan masker. Hal ini membuktikan bahwa KKN UNS mempermudah pemerintah dalam menegakkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan, sehingga dapat memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun