Mohon tunggu...
Kusuma PutriA
Kusuma PutriA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai teman teman terimakasih sudah mampir tinggalkan kritik saran yang membangun ya...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Sosial Media Mengambil Alih Interaksi Langsung Antarsesama

10 Agustus 2022   10:07 Diperbarui: 10 Agustus 2022   22:08 128 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tak jarang kita temui banyak sekali  aplikasi berbasis media sosial guna berinteraksi di dunia maya. Seperti yang kita ketahui, terdapat Whatsapp, Line, Telegram, dan aplikasi sosial media lainnya. Dari situ juga jarak ruang dan waktu untuk berinteraksi pun seolah olah tidak ada batasannya.

Memang semua teknologi sudah canggih dan maju akan tetapi, sosialisasi serta interaksi secara langsung juga harus lebih diperhatikan. Tak hanya aplikasi dalam interaksi tetapi juga aplikasi games membuat kesadaran peka terhadap sekitar kurang. Contohnya saja seperti pemuda yang kebanyakan bermain game daripada ikut berkontribusi kegiatan sosial sekitarnya. Mungkin benar bahwa apapun yang dilakukan adalah hak setiap orang. Tetapi kesadaran akan kita dengan lingkungan sekitar juga harus diperlukan.

Interaksi langsung antarsesama jikalau pudar akan banyak generasi penerus yang lebih suka diam karena malas bersosialisasi dengan temannya atau orang lain. Dampak negatif dari adanya sosial media yang mengambil alih interaksi secara langsung pun diantaranya:

* Kurangnya kesadaran akan lingkungan lebih senang main sosial media

* Malu akan beropini saat ada kegiatan sosial dan lebih memilih memendam opini

* Kurang menghargai orang yang beropini saat ikut rapat dan lebih mementingkan bersosial media sendiri

Tentunya memang dengan sosial media kita bisa berinteraksi tanpa adanya batasan ruang dan waktu dimana yang jauh bisa dekat dan kapanpun itu. Akan tetapi, interaksi sesama langsung pun juga diperhatikan karena jika hanya mengandalkan sosial media sikap dan sifat pemalu untuk berbaur dengan yang lain pun akan tumbuh. Padahal interaksi secara langsung juga dapat pengaruh positif seperti:

* Dalam berorganisasi tentu banyak interaksi dan menjadi diri agar berani beropini

* Tidak malu disaat bertanya dengan orang

* Mengetahui bagaimana adab yang benar saat berintedaksi, dan yang lainnya

Maka dari itu kita sebagai makhluk sosial pun juga harus berinteraksi dengan sesama secara langsung. Tidak harus mengobrol panjang lebar dengan tegur sapa pun menjadikan kita memiliki relasi yang baik juga dengan sekitar. Bukan hanya memiliki relasi baik tapi juga melatih kita untuk lebih percaya akan diri sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan