Kusnandar Heru Prasojo
Kusnandar Heru Prasojo

Senang berteman dan berbagi

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Keterbukaan Itu Perlu

20 Oktober 2016   11:00 Diperbarui: 20 Oktober 2016   11:10 38 0 0

Keterbukaan merupakan hal yang harus dikedepankan dalam pengelolaan tambang. Memang benar bahwa bahan tambang sangat dibutuhkan dalam keseharian kita. Untuk itu perlu disampaikan kepada masyarakat tentang pengelolaan yang benar serta pemanfaatan untuk masyarakat luas. Menurut saya sebaiknya memang bahan tambang pengelolaannya di serahkan kepada negara sehingga pengelolaan maupun pemanfaatannya bisa dikontrol dengan baik. Namun tidak tertutup kemungkinan masyarakat juga bisa ikut mengelola tetapi tentu saja harus seijin pemerintah.

Banyak kasus pengelolaan tambang yang kisruh karena tidak adanya keterbukaan, terutama bagi masyarakat sekitar lokasi tambang adalah adanya dampak lingkungan yang buruk serta manfaat langsung yang tidak  dirasakan. Kalaupun ada dampak lingkungan misalnya pencemaran limbah tentu saja pengelola harus berusaha menghilangkannya dengan menggunakan teknologi bersih dan sudah memenuhi standar sesuai peraturan pemerintah. Sehingga masyarakat sekitar bisa menikmati kehidupan sehari-hari secara normal seperti waktu belum ada pengelolaan tambang. Jangan sampai masyarakat setiap hari harus memakai masker karena udara yang tercemar. Atau masyarakat menderita gatal-gatal karena air sumur yang tercemar limbah.

Selanjutnya manfaat langsung apa yang bisa dirasakan bagi masyarakat sekitar lokasi tambang. Sebagai contoh, misalnya tambang aspal, jalan-jalan di daerah penghasil aspal tersebut tentu saja harus sudah diaspal terlebih dahulu dibanding daerah lain, jangan terjadi sebaliknya daerah lain yang menikmati dengan jalan-jalan yang diaspal mulus sementara sebagai daerah penghasil aspal malah jalan-jalannya penuh lumpur. Atau adanya prioritas bagi masyarakat sekitar lokasi tambang untuk menjadi karyawan tambang tentu saja sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Bisa juga pengelola tambang memberikan beasiswa pendidikan bagi anak-anak sekitar tambang syukur-syukur pengelola tambang mampu membiayai hingga perguruan tinggi.

Kalau dampak lingkungan sudah tidak ada serta masyarakat sekitar tambang bisa memperoleh manfaat secara langsung dengan keberadaan pengelolaan tambang tersebut saya percaya gejolak atau kericuhan yang selama ini timbul dalam pengelolaan tambang tidak akan muncul. Semoga...