LATAR BELAKANG
Merdeka belajar atau pendidikan yang memerdekakan pada hakikatnya pembelajaran berpihak atau berpusat kepada murid (student-centered learning) yang sudah dikembangkan oleh Ki Hadjar Dewantara (KHD) sejak tahun 1922 di perguruan Taman Siswa. [Sumber]
Pembelajaran pada kurikulum merdeka berpihak pada siswa. Sehingga pembelajaran diharapkan menyenangkan (joyfull) dan memerdekakan siswa sesuai konsep memanusiakan manusia. Ada 3 substansi yaitu pengembangan karakter (budi pekerti), menuju kea rah kebudayaan dunia (konvergen), dan tetap memiliki kepribadian (konsentris).
Menyadari hal inilah kami sebagai pendidik di satuan dinas SMP Negeri 1 Bandung berupaya menyesuaikan pembelajaran sebagaimana tuntutan dan kebutuhan Era 4.0.
PB merupakan penyesuaian terhadap minat, preferensi belajar, kesiapan siswa agar tercapai peningkatan hasil belajar. PB bukanlah pembelajaran yang diindividualkan. Namun, lebih cenderung kepada pembelajaran yang mengakomodir kekuatan dan kebutuhan belajar siswa dengan strategi pembelajaran yang independen. BAGIAN I Hakikat Pembelajaran Berdiferensiasi (unp.ac.id)
Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar mengajar dimana peserta didik dapat mempelajari materi pelajaran sesuai dengan kemampuan, apa yang disukai, dan kebutuhannya masing-masing. Pembelajaran Berdiferensiasi Konten, Proses, Produk, dan Lingkungan (panduanmengajar.com)
Pembelajaran diferensiasi adalah pembelajaran yang berpihakpada siswa dan melibatkan siswa dalam pembelajaran baik perencanaan maupun pelaksanaan yang terwujud dari karakteristik dan kesiapan belajarnya.
Adapun strategi pembelajaran berdiferensiasi ada 3 yaitu: diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Diferensiasi konten berhubungan dengan materi atau apa yang diajarkan pada murid dengan mempertimbangkan pemetaan kebutuhan belajar murid baik itu dalam aspek kesiapan belajar, aspek minat murid dan aspek profil belajar murid atau kombinasi dari ketiganya. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/catatan-gp/merdeka-belajar-dan-pembelajaran-berdiferensiasi-differentiated-instructions/
Tidak terpaku pada diferensiasi saja kami pendidik SMP Negeri 1 Bandung juga berupaya menerapkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
PELAKSANAAN
SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA