Mohon tunggu...
Kusariani Adinda Saraswati
Kusariani Adinda Saraswati Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi sekaligus pemimpi. Cerita lainnya bisa diakses di kusarianiadindablog.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kuliah di S1 Ilmu Komunikasi Telkom University - Semester 1

19 Desember 2018   15:31 Diperbarui: 19 Desember 2018   15:48 1260 0 0 Mohon Tunggu...

Halo semua! Akhirnya UAS dan segala perdramaan di semester 5 telah berakhir! Jadi, doakan ya semoga aku di liburan ini bisa sering sharing di blog ini. Kalau mau tanya-tanya, sok bisa di komen atau e-mail aku aja di kusarianiadinda@gmail.com ya.

Kebetulan banyak banget yang nanya ke aku tentang kuliah di jurusanku lebih mendalam, seperti mata kuliahnya apa saja dan kegiatannya ngapain aja pas baru jadi mahasiswa baru, sepertinya bakal asik kalau aku kupas semuanya jadi satu artikel. Sekarang, aku share aja deh tentang perkuliahan di jurusanku di semester awal.

Perlu kamu tahu kalau di S1 Ilmu Komunikasi Telkom University ini, ada mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, dan mata kuliah atas.

Mata kuliah wajib adalah mata kuliah yang memang sudah diset oleh prodi, jadi gak bisa menghindar kalau kamu ternyata sudah mikir untuk gak suka dengan mata kuliah tersebut. Jadinya, ya harus dijalanin.

Mata kuliah atas adalah mata kuliah yang bisa diambil di semester mudanya. Mata kuliah atas ini kalau diambil tujuannya selain biar bisa lulus cepat, bisa untuk mengurangi beban di semester kedepannya. Namun ada syaratnya, yaitu IP mahasiswa harus diatas 3.00.

Mata kuliah pilihan adalah mata kuliah yang harus kamu pilih, dan baru bisa pas kamu sudah menginjak semester 5. Di jurusanku, ada 4 mata kuliah pilihan yang harus diambil sebagai syarat lulusnya.

Karena aku mau bahas di semester 1, jadi semua mata kuliah masih diset oleh prodi, dan memang dari nama mata kuliahnya juga masih "pengantar" semua. Kemudian, mata kuliah di semester 1 tuh apa aja nih?

1. Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan

Aku rasa semua program studi di manapun pasti akan dapat mata kuliah wajib ini. Materi yang diajarkan gak sulit kok, dan tergantung dosennya sih. Untuk pendidikan agama zamanku sih biasa lah ya, untuk tugas paling disuruh ngerangkum. Ada juga dosen yang meminta mahasiswanya untuk hafal di beberapa surah Al-Quran. Kalau untuk Bahasa Indonesia sih, nanti akan ada tugas membuat makalah per kelompok yang nantinya akan dipresentasikan. Tema yang dibahas hanya boleh menyangkut seputar dunia ilmu komunikasi. Sedangkan Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa serasa dibawa 'kembali' untuk ingat dengan pembelajaran saat SMA. Tugas besarnya waktu itu adalah kelompok aku membuat mini proposal semacam skripsi, terus dibuat filmnya. Seru kok!

2. Bahasa Inggris 1

Semua jurusan juga akan dapat mata kuliah ini, cuman setelah Bahasa Inggris dasar, disesuaikan dengan jurusannya lagi. Nanti di semester 2, akan ketemu dengan Bahasa Inggris untuk Komunikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x