Mohon tunggu...
kursus mataweb
kursus mataweb Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Kelebihan PHP Laravel

9 Desember 2015   15:12 Diperbarui: 9 Desember 2015   15:12 687 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Meskipun terhitung masih baru tapi PHP Laravel menjadi salah satu PHP framework yang sedang populer pada saat ini. Seperti yang dituliskan Taylor Otwell, Laravel sendiri merupakan sebuah Framework PHP yang mempunyai sifat opensource. Lebih lanjut Taylor Otwell menyatakan bahwa Laravel didesain khusus dengan maksud untuk membantu developer terutama dalam membuat web dengan sintak sederhana, elegan, ekspresif serta menyenangkan. Dengan kata lain Laravel merupakan aplikasi web yang didukung oleh sintak yang elegan dan ekspresif.

Penggunaan Laravel untuk dikonfigurasi pengembangan projek sangat mudah untuk dilakukan. Untuk mendukung proses instalasi serta proses konfigurasinya ada beberapa tools yang diperlukan yaitu:

Text Editor

Anda dapat memilih sendiri text editor sesuai dengan kebutuhan dan kengianan Anda.

Webserver dan Database

Sebaiknya gunakan versi PHP 5.3 ke atas yang sudah diinstal ekstensi php, Mcrypt.

Composer

Composer dibutuhkan untuk menginstal laravel. Composer sendiri merupakan sebuah dependency ‘manager’ untuk PHP.

Penggunaannya yang mudah membuat para web developer tidak merasa kesulitan pada saat mempelajari, memahami dan mengimplementasikannya mulai dari pembuatan dokumentasi, deployment, Interface maupun Design Pattern. Tidak mengherankan jika berbagai kemudahan yang diperoleh dengan menggunakan framework yang akan membantu web developer dalam menciptakan aplikasi secara lebih mudah dan menyenangkan ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan Laravel diantaranya adalah:

Tampilan Sintaks terlihat Lebih Artistik

Berbagai sintaks pada laravel tersaji dengan sangat artistik, laravel memperhatikan dengan betul tampilan sintaks yang digunakan, sehingga bukan hanya terlihat lebih rapi juga lebih indah dipandang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan