Mohon tunggu...
Kurniawati Hasjanah
Kurniawati Hasjanah Mohon Tunggu... Editor - Profitez de votre journée!
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Go where you find peace and feel more alive.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Vaksin Beresiko Gak? Ini Tips Sebelum dan Sesudah Vaksinasi Covid-19

16 Juni 2021   19:39 Diperbarui: 16 Juni 2021   19:43 397
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini Pemerintah Indonesia telah menggalakan program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum. 

Meski demikian, ada beberapa kekhawatiran yang kerap menghantui seseorang apabila ingin vaksinasi Covid-19, seperti beresiko tidak, apa saja efek sampingnya dan sebagainya. 

Sebagai salah satu penerima vaksinasi Covid-19, saya ingin berbagi pengalaman vaksinasi Covid-19. 

Sekitar Februari 2021 lalu, saya mendapat vaksinasi Covid-19 bagi wartawan di Basket Hall, GBK, Senayan. 

Sebelum melakukan vaksinasi, pastikan kondisi tubuh fit agar tidak terjadi masalah di hari H. 

Saat itu saya sudah berusaha mengonsumsi kebutuhan vitamin D, C dan protein secukupnya, serta mencukupi nutrisi. 

Meski demikian,  saya kurang tidur karena bekerja di malam hari sebelum vaksinasi Covid-19. 

Dok. Freepik
Dok. Freepik

Hingga kemudian, denyut nadi saya tidak terdeteksi dan tekanan darah begitu rendah. 

Dokter lantas menanyakan apakah saya mengonsumsi obat tertentu atau tidak, dan kembali memeriksa denyut nadi di tangan untuk mengetahui kondisi saya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun