Mohon tunggu...
Media

Antropologi, Apakah Itu?

25 Maret 2016   16:25 Diperbarui: 25 Maret 2016   20:01 0 15 0 Mohon Tunggu...

Mungkin sebagian dari anda sudah tahu betul apa itu antropologi dan sebagiannya lagi belum tahu  atau mungkin sudah ada yang punya gambaran tentang apa itu antropologi?bagi sebagian orang antropologi hanya sebatas ilmu yang mempelajari budaya yang ada di kalangan masyarakan pada etnis tertentu tetapi sebenarnya antropologi dapat memberi kita pengetahuan tentang manusia, kebudayaan, suku bangsa, identitas, metode, dan lain-lain, maka dari itu sangat penting untuk mempelajarinya. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat definisi dari antropologi

Antropologi berasal dari kata Yunani άνθρωπος (baca: anthropos) yang berarti "manusia" atau "orang", dan logos yang berarti "wacana" (dalam pengertian "bernalar", "berakal") atau secara etimologis antropologi berarti ilmu yang memelajari manusia. Antropologi merupakan suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain-lain. Antropologi muncul karena adanya ketertarikan orang-orang eropa tentang ciri-ciri fisik, perilaku, adat istiadat dan etnis berbeda dengan yang berlaku di Eropa pada saat itu.

Ruang lingkup antropologi terbagi tiga yaitu:

1.    Antropologi fisik, menyangkut pembangunan jangka panjang dari organisme manusia

2.    Antropologi linguistik, menyelidiki pengaruh bahasa dalam kehidupan sosial

3.    Antropologi budaya, yang menggambarkan cara kerja sosial  masyarakat di seluruh dunia

Antropologi bermanfaat untuk mengingkatkan pengetahuan kita terhadap orang lain yang datang dari berbagai latar belakang budaya dan kelompok sosial. Antropologi berfokus pada pemahaman diri dalam hubungannya dengan orang lain . Hal ini mungkin terdengar cukup sederhana tetapi membuat kita berpikir tentang mengapa anda melakukan apa yang anda lakukan, mengapa orang lain melakukan apa yang mereka lakukan, dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi tindakan-tindakan tersebut:, misalnya: agama , ekonomi , biologi , politik , struktur keluarga , jenis kelamin , etnis , dll.

Itulah penjelasan singkat saya tentang antropologi semoga penjelasan tersebbut dapat bermanfaat bagi orang-orang yang membacanya. Terima kasih.

 

 

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x