Mohon tunggu...
Dian Kurnia
Dian Kurnia Mohon Tunggu... 🐱🐱

Ailurophile

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19: Pendampingan Tanggap Siaga Pendidikan Sekolah Dasar

2 Juli 2020   13:37 Diperbarui: 2 Juli 2020   13:29 71 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19: Pendampingan Tanggap Siaga Pendidikan Sekolah Dasar
Penyerahan masker, hand sanitizer, dan hand wash yang diwakili oleh Kepala SD Negeri 1 Tegalgondo. Dok. pribadi

(Klaten, 02/07/2020) - Dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tetap berlangsung pada masa wabah Covid-19 ini, pada tanggal 30 April 2020 Universitas Sebelas Maret Surakarta resmi membuka kegiatan KKN Tanggap Wabah Covid-19 Batch 1. Launching kegiatan KKN Tanggap Wabah Covid-19 dibuka langsung oleh Rektor UNS yaitu Prof. Dr. Jamal Wiwoho SH, M. Hum. Kegiatan KKN ini diikuti hampir sejumlah 1000 mahasiswa UNS.

Pada kegiatan ini, Dian Kurnia Warastri Wening jurusan S1-Ekonomi Pembangunan (FEB) dengan NIM F0117038 selaku pelaksana kegiatan KKN Tanggap Wabah Covid-19 di Desa Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Prof. Dr. Ir. Sudibya, M.S, telah melaksanakan KKN Tanggap Wabah Covid-19 yang berlangsung kurang lebih selama 45 hari yang diakhiri dengan penarikan KKN secara simbolis via Zoom pada tanggal 18 Juni 2020.

Pada kegiatan KKN ini bertema besar Pendidikan Selama Covid-19 dengan judul "Pendampingan dalam Upaya Tanggap Siaga Pendidikan Sekolah Dasar di Era Covid-19". Sebagian besar program kerja yang dilaksanakan mempunyai sasaran utama yaitu SD Negeri 1 Tegalgondo. Karena pelaksanaannya yang berlangsung selama wabah Covid-19, maka harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Oleh karena itu, sebagian besar frekuensi kegiatan dilakukan secara daring untuk mencegah penularan Covid-19.

Adapun program-program kerja yang telah dilaksanakan yaitu Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Edukasi upaya pencegahan penularan Covid-19, Edukasi kesehatan penanganan Covid-19, Pendampingan penerimaan peserta didik baru, Pendampingan penyusunan administrasi pendidikan, dan Edukasi tentang penanaman warung hidup. Program kerja tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat terutama SD Negeri 1 Tegalgondo yang terdampak oleh Covid-19 pada sistem pendidikannya. 

Berikut video pelaksanaan KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 :

Program kerja telah berjalan dengan lancar meskipun terdapat beberapa penyesuaian dalam pelaksanaannya. "Saudara harus tampil sebagai pahlawan-pahlawan Covid-19, kalian harus tampil sebagai anak muda yang memiliki karya nyata bagi masyarakat dengan membantu menyelesaikan berbagai permasalahan pendemi Covid-19," pesan Rektor Prof. Dr. Jamal Wiwoho SH, M. Hum.

VIDEO PILIHAN