Mohon tunggu...
Kurnia amelia subarkah
Kurnia amelia subarkah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Joyful moms

Seorang ibu dengan 2 orang puteri yang ingin terus belajar dan belajar.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Treatment Meringankan Sakit Saat Mentruasi Tanpa Konsumsi Obat

10 Agustus 2019   00:22 Diperbarui: 10 Agustus 2019   00:38 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menstruasi, haid atau datang bulan adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Menstruasi juga sebagai tanda pubertas wanita.

Ta menstruasi merupakan hal lumrah bagi wanita setiap bulannya. Awal menstruasi seseorang tidaklah sama namun biasanya di usia 10 tahun ke atas.

Sebelum menstruasi biasanya ada beberapa kejadian yang sering dialami wanita yang dinamakan PMS atau Premenstrual Syndrome seminggu sebelum mentruasi. Kejadian PMS yang biasa dialami yaitu seperti payudara sakit, timbulnya jerawat, mudah lelah, pusing, maunya makan terus atau mudah lapar dan perubahan mood yang jadi lebih sensitif.

Setelah melewati PMS yaitu menstruasi dimana proses keluarnya darah dari vagina dan proses ini sakit luar biasa, perut terasa mules dan kram, posisi (duduk, berdiri, tiduran) juga serba salah karena pinggang terasa sakit, pusing, berat di leher belakang dan inilah yang biasa saya alami saat menstruasi.

Biasanya saat menstruasi datang saya selalu sedia pil penambah darah, obat pusing dan beberapa koyo untuk meringankan rasa sakit saat menstruasi yang berjalan 5-10 hari. Bertahun-tahun lamanya saya pasti mengkonsumsi obat itu saat menstruasi datang.

Namun beberapa bulan lalu saya sadar bahwa untuk meringankan rasa sakit saat menstruasi ini tidaklah harus dengan mengkonsumsi obat dan akhirnya saya mempunyai treatment sendiri saat menstruasi datang dan bebas minum obat. Dan inilah treatment saya untuk mengurangi sakit satta mentruasi.

Treatment Mengurangi Sakit Saat Mentruasi Tanpa Minum Obat :

Minum air putih hangat yang banyak

Air putih merupakan detoksifikasi alami yang mana racun yang ada di dalam tubuh akan keluar  melalui air seni. Saat kondisi normal atau tidak menstruasi saya biasa minum air putih setidaknya 2 liter setiap harinya. Kalau tidak mentruasi saya bisa minum air piUtih dingin tapi saat menstruasi saya lebih memilih minum air putih hangat yang banyak karena dapat melemaskan otot dan mencegah kembung.

Makan buah dan sayur

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun