Mohon tunggu...
Ekonomi

Mengapa Harga Kangen Water Begitu Mahal?

24 Mei 2016   09:11 Diperbarui: 24 Mei 2016   12:29 2701 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Harga Kangen Water Begitu Mahal?
enagic-leveluk-machines-5743bd44579773470c793389.jpg

Enagic menyebut mesin ionisasi air miliknya sebagai produk “berstandar emas.” Perusahaan asal Jepang ini juga menyebut air hasil ionisasi mesinnya dengan nama air Kangen sembari menegaskan bahwa air tersebut unik dan lebih baik daripada yang lain. Menurut perusahaan tersebut, hanya air Kangen yang memiliki sifat-sifat alkali dan antioksidan serta kemampuan untuk menghidrasi. 

Namun saya akan berikan fakta yang akan mengejutkan anda...

Yang menyebabkan air tersebut begitu berkhasiat bukanlah keunikannya dan standar emas yang ditetapkan oleh Enagic. Khasiat air tersebut muncul karena proses ionisasi mesin air Kangen yang meningkatkan tingkat alkalinitas air tersebut.

Sebagai konsumen, Anda sebaiknya mengetahui bahwa air hasil proses ionisasi mesin air Kangen secara ilmiah disebut juga “air basa terionisasi” atau “air tereduksi terelektrolisis” yang dihasilkan melalui proses elektrolisis. Proses ini bukan hal yang baru dan unik dan telah ditemukan sejak dekade 50-an. Dengan kata lain, semua mesin ionisasi air yang ada pada saat ini bekerja dengan proses yang sama ketika mengolah “air Kangen” atau “air basa,” seperti halnya semua mobil yang bekerja dengan proses yang sama untuk dapat bergerak, yaitu dengan proses pembakaran dalam.

Jadi, Mengapa Mesin Ionisasi Air Kangen Jauh Lebih Mahal daripada Mesin-Mesin Air Alkali Lainnya?

Kangen adalah sebuah merek dagang yang mencoba untuk mengukuhkan diri menjadi merek dagang “berstandar emas.” Inilah hal yang sering disebut-sebut sebagai alasan mengapa mesin ionisasi air Kangen jauh lebih mahal daripada pesaing-pesaingnya. Padahal yang sebenarnya terjadi jauh lebih sederhana. Enagic menggunakan teknik dagang Multi Level Marketing atau Network Marketing untuk menjual mesin-mesin ionisasi air Kangen mereka. MLM adalah teknik dagang yang cukup tua. Anda tentu masih ingat tentang para penjaja Tupperware di dekade 50 dan 60-an dan “Pesta Tupperware” mereka, bukan? Begitulah cara mesin ionisasi air Kangen dipasarkan. Distributor air Kangen akan mengadakan pertemuan atau mendatangi rumah Anda sembari menawarkan air Kangen secara cuma-cuma.

Penjualan antar-personal, pemberian air secara cuma-cuma dan berbagai demonstrasi yang dilakukan di rumah-rumah para prospek sebenarnya memakan uang yang sangat banyak. Para distributor harus menerima kompensasi atas digunakannya waktu mereka. Oleh karena itu,jika mereka berhasil melakukan satu penjualan, mereka akan mendapatkan satu irisan kecil dari kue. 

Lalu ke manakah irisan-irisan lainnya? 

Irisan-irisan tersebut akan dibagi-bagikan kepada orang-orang yang menjual mesin air Kangen kepada para distributor tersebut, kemudian kepada orang-orang di atas mereka, kemudian diatasnya lagi, dan kemudian di atasnya lagi. Jika dihitung, maka rentetan pembagian irisan-irisan kue ini bisa mencapai 7 hingga 9 tingkat di atas para distributor tersebut. Jika kue tersebut bernilaihampir $4.000, yang merupakan harga mesin andalan Enagic, yaitu mesinionisasi seri SD501, nilai total irisan-irisan kue yang dibagikankepada orang-orang tersebut di atas bisa mencapai 90% dari nilai sebenarnya dari produk tersebut. Hal ini telah secara elok diterangkan oleh Enagic dalam video yang mereka gunakan untuk merekrut distributor baru.

Inilah alasan sebenarnya mengapa mesin ionisasi air Kangen bisa begitu mahal. Jika Anda tidak percaya, tontonlah video tersebut dari awal sampai akhir maka Anda akan mengetahui betapa besar uang yang akhirnya masuk ke kantong-kantong tim pemasaran untuk setiap penjualan. Jika Anda berharap bisa meraup untung dengan memasarkan mesin air alkali Enagic, maka hal tersebut adalah sebuah rencana besar yang dapat Anda laksanakan dengan sukses hanya jika Anda adalah seorang ahli pemasaran yang berpengalaman. Kebanyakan dari kita tentu hanya ingin meminum air yang sehat tanpa ingin mengeluarkan uang yangbanyak dan terlibat terlalu dalam dalam rekayasa pemasaran seperti tersebut di atas, bukan?

Relevansi MLM di Abad 21 dengan Teknologi Internetnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN