Mohon tunggu...
Ali Izza
Ali Izza Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Semua kata pernah dikalimatkan

Mau tidur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Proses Mediasi di Tegalgede Turut Diikuti oleh Mahasiswa MBKM Magang FH Unej 2022

6 Desember 2022   18:40 Diperbarui: 6 Desember 2022   18:48 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan oleh Fakultas Hukum Universitas Jember merupakan program baru yang dilaksanakan pada tahun 2021, FH Unej bermitra / bekerja sama dengan berbagai instansi seperti Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Otoritas Jasa Keuangan, dan salah satu Mitra Magang yang bekerja sama dengan FH Unej yaitu Kepolisian Resort Jember (Polres Jember)

Bagi mahasiswa yang memilih magang  di Polres Jember masih dibagi lagi dalam beberapa kelompok kecil yang berisi masing-masing dua belas orang dan dibuat perputaran penempatan tidak hanya di Polres Jember saja, tetapi ada yang mendapatkan penempatan di Polsek Sumbersari. Polsek Kaliwates dan Polsek Patrang.

Dokpri
Dokpri

Pada kegiatan di Unit Binmas Polsek Sumbersari, tepatnya tanggal 3 November 2022, kami bersama Pak Imsem selaku Babinkantibmas Tegalgede mengunjungi lokasi para petani yang sebelumnya sudah melakukan laporan terkait adanya konflik antara petani dan pihak perumahan yang terindikasi menutup saluran irigasi persawahan para petani. 

Sebagai Babinkantibmas Tegalgede, Pak imsem sangat menekankan asas kekeluargaan dan asas hukum Restorative Justice dalam penyelesaian konflik. 

Maka dilakukanlah kunjungan lokasi ke persawahan yang saluran irigasinya tertutup, setelah itu disusul oleh Bapak Lurah Tegalgede yang turut hadir. Selanjutnya dilakukanlah mediasi bersama, dihadiri oleh para petani, perwakilan pihak perumahan, Babinkantibmas, Babinsa dan Pak Lurah Tegalgede. 

Situasi cukup kondisional dimana kedua pihak sama-sama duduk dengan kepala dingin dan ingin berunding menentukan solusi dan jalan keluar bersama tanpa ada satu pihakpun yang dirugikan. Tapi, mediasi dilanjut esok hari karena pimpinan perumahan baru bisa ditemui esok hari, jadi mediasi saat itu tertunda dengan agenda selanjutnya dilanjutkan esok hari bersama pimpinan perumahan.

Pembelajaran dalam MBKM Magang memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun