Mohon tunggu...
Gerardus Kuma
Gerardus Kuma Mohon Tunggu... Guru - Non Scholae Sed Vitae Discimus

Gerardus Kuma. Pernah belajar di STKIP St. Paulus Ruteng-Flores. Suka membaca dan menulis. Tertarik dengan pendidikan dan politik. Dan menulis tentang kedua bidang.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Quo Vadis Peran Siswa dalam Menjaga Kerukunan Hidup Bangsa

22 Januari 2021   05:44 Diperbarui: 22 Januari 2021   05:47 162 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hilarius Ola Muda saat menerima kejuaraan. Dok.pribadi

Tanggal 03 Januari diperingati sebagai Hari Amal Bhakti. Moment yang dirayakan sebagai hari lahir Kementerian Agama Republik Indonesia. Pada tahun 2021, peringatan Hari Amal Bhakti ke-75 dirayakan dengan tema "Indonesia Rukun."

Memperingati Hari Amal Bhakti ahun 2021, Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur bekerja sama dengan Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cabang Flores Timur menggelar kegiatan perlombaan pembacaan puisi tingkat SD/ MI, pidato tingkat SMP/ MTs dan pidato tingkat SMA/ SMK/ MA se-Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Perlombaan ini dilakukan secara virtual, dimana peserta membawakan puisi dan pidato kemudian direkam dan dikirim ke panitia perlombaan untuk dinilai. Perlombaan ini dimulai tanggal 17-29 Desember 2020. Tema perlombaan baik puisi maupun pidato adalah "Kerukunan."

SMPN 3 Wulanggitang turut berpartisipasi dalam perlombaan pidato ini dengan mengikutsertakan dua siswa. Salah satunya adalah Hilarius Ola Muda. Siswa kelas VII ini membawakan pidato berjudul "Quo Vadis Peran Siswa Dalam Menjaga Kerukunan Hidup Bangsa." 

Pidato ini menghantar Ari, sapaan Hilarius meraih peringkat pertama lomba pidato tingkat SMP/ MTs. Berikut adalah pidato yang dibawakan Hilarius.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Mengawali pidato ini, saya mengajak kita semua untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat, berkat dan perlindunganNya kita semua masih diberi nafas kehidupan hingga saat ini.

Sebelum menyampaikan pidato, ijinkan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya: Hilarius Ola Muda, saya berasal dari desa Watobuku, dan sekarang saya duduk di kelas tujuh SMPN 3 Wulanggitang, Hewa, Flores Timur.

Dewan juri dan penonton yang saya hormati,

Tangal 3 Januari dirayakan sebagai Hari Amal Bhakti. Moment ini juga diperingati sebagai hari lahirnya Kementerian Agama Republik Indonesia. Untuk memperingati Hari Amal Bhakti, Kementerian Agama kabupaten Flores Timur mengadakan kegiatan perlombaan pidato untuk tingkat SMP se-Nusa Tenggara Timur. Untuk itu saya berterima kasih kepada Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur yang bekerja sama dengan Agupena Flores Timur mengadakan kegiatan perlombaan pidato secara virtual ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan