Mohon tunggu...
Mifta Fahriyani
Mifta Fahriyani Mohon Tunggu... seorang mahasiswi yang sedang berusaha menuntaskan kuliahnya

universitas atma jaya yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Media

Perkembangan Media Online

17 September 2019   07:30 Diperbarui: 17 September 2019   16:44 0 0 0 Mohon Tunggu...
Perkembangan Media Online
dokpri

Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu semakin mengalami kemajuan. Begitu pula dengan media cetak yang beralih menjadi media online. media cetak seperti koran dan majalah dapat diakses dalam bentuk online melalui artikel-artikel yang tersedia di website. Segala hal dipermudah dengan kemajuan teknologi yang selalu menghadirkan inovasi dalam setiap perkembangannya.

Perkembangan media online di Dunia

Setiap perkembangan pasti melalui proses dan tahapan untuk mencapai titik tertentu, begitu pula dengan perkembangan media online yang harus melawati proses dan memakan waktu yang tidak sedikit. 

Cikal bakal hadirnya media online diawali dengan munculnya ARPANET atau Avanced Research Project Agency Network pada tahun 1969. Pada awal eluncuran ARPANET bukan diperuntukan untuk konsumsi publik, melainkan untuk kepentingan militer Amerika Serikat. 

Tidak berhenti sampai di situ, pada tahun 1971 muncul teletext atau penyampaian informasi satu arah melalui televisi. kekurangan dari teletext ini adalah tidak adanya feedback dari audiens. Dilanjutkan pada tahun 1974 muncul video text yang lebih interaktif, dalam artian dapat berkomunikasi dua arah.

Dalam dunia jurnalisme sendiri, perkembangannya untuk memasuki media online mulai pada era 90-an. Hal ini ditandai dengan masuknya surat kabar dari Amerika Utara ke ranah media online. 

Pada bulan Mei 1992 terbitlah koran online pertama di Amerika yang diluncurkan oleh Cichago Tribune. Dilanjutkan pada tahun 1993 Universitas Florida memunculkan website di bidang jurnalisme. 

Pergerakan inilah yang memicu perkembangan jurnalisme dalam media online menjamur. Berawal dari Amerika dan menyebar hingga ke seluruh dunia.

Perkembangan media online di Indonesia

theconcreteprotector.com
theconcreteprotector.com
Maraknya media online ataupun jurnalisme online memberikan dampak kemajuan dalam jurnalisme di Indonesia. Pada awal perkembangnya memang tidak terlihat perbedaannya, sebab hanya memindahkan isi berita dari surat kabar ataupun koran ke media online. 

Jadi tidak ada perbedaan sama sekali dari segi isi dan konten. Media cetak Indonesia yang pertama kali hadir dalam bentuk online adalah republika online (www.republika.co.id) yang pertama kali terbit pada tanggal 17 Agustus 1995, bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x