Mohon tunggu...
Kukuh Tri Laksono
Kukuh Tri Laksono Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis

English and Psychology

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Apakah Bahasa Inggris di tahun 2022 Masih Penting untuk Dipelajari?

7 Oktober 2022   10:45 Diperbarui: 7 Oktober 2022   11:15 339 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

           

Pada tulisan kali ini akan membahas apakah penting dan berguna mempelajari bahasa Inggris di tahun 2022. Apakah sepenting yang orang-orang katakan bahwa Bahasa Inggris sangat bermanfaat bagi orang Indonesia?

Kita tahu bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa Bahasa Inggris adalah salah satu Bahasa yang cukup banyak digunakan di seluruh dunia. Kebutuhan akan Bahasa Inggris di Indonesia memang selalu menjadi perbincangan mengingat banyak hal yang kita bisa dapatkan lewat mempelajari Bahasa Inggris. Berikut adalah hal-hal yang bisa kita dapatkan ketika mempelajari Bahasa Inggris:

1. Peluang Jenjang Lanjut

Ketika kita lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau ketika kita masih bersekolah terkadang kita belum tahu akan mengambil langkah kearah mana atau masih belum menemukan pilihan yang pas untuk diri kita. Pada saat ini untuk mengisi waktu luang sangat berguna untuk belajar Bahasa Inggris.

Source: theladders.com  
Source: theladders.com  

               

Pikirkan apa yang akan kita lakukan setelah lulus SMA apakah akan lanjut untuk kuliah atau akan bekerja? karena ini penting untuk menyesuaikan Bahasa Inggris seperti apa yang akan berguna untuk kita nantinya. Sebagai contoh ketika kita ingin lanjut kuliah namun belum tau akan mengambil jurusan apa kita bisa belajar TOEFL atau IELTS sebagai persiapan untuk menghadapi perkuliahan dan beberapa kampus juga mewajibkan mahasiswa memiliki skor ini sebelum lulus dari kampus. Hal ini cukup berguna kerena memang akan kita butuhkan juga nantinya. 

Menurut penelitian yang di lakukan oleh Saifuddin dan Ardiansyah (2021) disebutkan bahwa mahasiswa jurusan lain selain Bahasa Inggris khususnya mahasiswa teknik kebanyakan referensi buku yang digunakan menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini dapat menyulitkan mahasiswa ketika membutuhkan referensi terutama untuk menyusun tugas akhir. Jadi sangat penting bagi seorang calon mahasiswa atau mahasiswa mempelajari Bahasa Inggris dikarenakan jika mengandalkan sumber referensi dengan Bahasa Indonesia akan sangat terbatas dan tertinggal dari negara-negara lain.

Lebih jauh ketika anda memiliki rencana untuk langsung berkerja setelah lulus Sekolah Menengah Atas ada baiknya juga belajar Bahasa Inggris karena perpindahan zaman menuju Digital. Ketika semua berpindah Digital artinya semua pekerjaan bisa terintegrasi dengan sistem di seluruh dunia dan tentu saja bahasa yang akan digunakan adalah Bahasa Inggris. Sebagai contoh pekerjaan content writer bisa jadi beralih ke era dimana tidak hanya konten untuk orang lokal tetapi juga untuk internasional. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan