Mohon tunggu...
KSM Defensia
KSM Defensia Mohon Tunggu... Lainnya - Kelompok Studi Mahasiswa Defensia

KSM DEFENSIA merupakan sebuah kelompok studi yang didirikan sejak 14 Desember 2003 oleh mahasiswa hubungan internasional UPN Veteran Yogyakarta. Fokus kajian dalam kelompok studi ini adalah mengenai pertahanan dan keamanan internasional.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Konflik Nelayan Perancis dan Pemerintah Jersey di Perairan Inggris Pasca Brexit

6 September 2022   12:39 Diperbarui: 6 September 2022   12:52 201 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Oleh : Nadhia Rahmatika Hapsari

Pada bulan Mei tahun 2021, perselisihan terjadi antara nelayan Perancis dan Pemerintah Jersey, Inggris, mengenai perizinan kapal penangkap ikan Perancis di wilayah teritorial Jersey. Nelayan Perancis mengatakan mereka dilarang mengakses ikan di sekitar pulau Jersey. 

Mereka mengadakan protes di pelabuhan utama Jersey dengan menyalakan suar dan memasang spanduk menuntut akses ke perairan Jersey.

Lisensi kapal penangkap ikan Uni Eropa di perairan teritorial Jersey telah berubah setelah Inggris keluar dari Uni Eropa. Inggris yang bertanggung jawab atas pertahanan Kepulauan Channel bergerak dengan mengirimkan dua kapal patroli ke wilayah perairan Jersey sebagai tanggapan atas ancaman para nelayan untuk memblokade nya

Pada tahun 1996, pulau itu menandatangani perjanjian pengelolaan perikanan dengan Inggris yang mengharuskannya untuk mematuhi kewajiban UE Inggris di bawah Kebijakan Perikanan Umum UE untuk laut teritorial yang diperluas Jersey. 

Daerah penangkapan ikan di sekitar Jersey beragam, dengan spesies termasuk whelk, kepiting coklat, sotong, lobster, kepiting laba-laba, kerang, pari dan ikan air tawar. Nelayan Perancis seringkali memancing di perairan Jersey karena perairannya lebih luas dan lebih dalam.


Perjanjian Teluk Granville 

Secara historis, Jersey memiliki wilayah teritorial laut hingga 3 mil dari pantai sekitar Minquiers dan crhous, yang merupakan bagian dari Bailiwick of Jersey. Pada tahun 1839, perjanjian penangkapan ikan di perairan antara Jersey dan Perancis secara efektif memberikan hak kepada nelayan Perancis untuk menangkap ikan hingga 3 mil di lepas pantai Jersey tanpa batasan dan pengawasan. 

Senator Jersey, Pierre Horsfall merundingkan kesepakatan baru dengan Perancis, tentang Penangkapan Ikan di Teluk Granville yang ditandatangani pada tanggal 4 Juli 2000 oleh Michael Wilkes, Letnan Gubernur Jersey atas nama Mahkota dan Daniel Bernard, duta besar Perancis. 

Jersey dan Prancis bertanggung jawab bersama untuk pengelolaan penangkapan ikan di daerah lepas pantai Jersey. Pada Februari 2020, 392 kapal Prancis memiliki izin aktif untuk menangkap ikan berdasarkan ketentuan perjanjian :

"Kapal memerlukan izin untuk menangkap ikan secara komersial di area tersebut. Sebuah komite manajemen bersama yang terdiri dari pejabat dari Perancis dan Jersey akan mengeluarkan izin untuk mengontrol tingkat upaya penangkapan ikan di daerah tersebut dengan menambah atau mengurangi jumlah dan ukuran kapal, jenis alat tangkap yang digunakan dan tingkat tangkapan yang diperbolehkan".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan