Mohon tunggu...
Krisnadi Agustan
Krisnadi Agustan Mohon Tunggu... Profil untuk kebutuhan akademik

S1 Teknik Mesin Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pandemi COVID-19: Warga Bangkit bersama UNDIP!

16 Agustus 2020   00:48 Diperbarui: 16 Agustus 2020   00:43 7 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi COVID-19: Warga Bangkit bersama UNDIP!
Dok. KKN

Tangerang (18/07/2020), Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak bulan maret 2020 sempat membuat sebagian besar aktivitas perekonomian masyarakat lumpuh total. Perusahaan-perusahaan besar hingga toko-toko kecil banyak yang terpaksa gulung tikar karena tidak mampu menghadapi kondisi pandemi. Hal serupa juga terjadi pada masyarakat RT 003/RW 001, Kel. Neglasari, Tangerang, yang kini sebagian masyarakatnya mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Universitas Diponegoro sebagai salah satu Universitas terbaik di Indonesia mendengar keresahan-keresahan masyarakat di tengah masa pandemi ini, dan menerjukan mahasiswa-mahasiswa terbaiknya ke daerah masing-masing untuk mengabdikan diri dan bersinergi bersama masyarakat untuk menghadapi dan melalui masa-masa sulit akibat COVID-19.

Salah satu dari mahasiswa tersebut adalah Krisnadi Agustan, Mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro yang diterjunkan oleh Undip ke daerah tempat tinggalnya di wilayah RT 003/RW 001, Neglasari, Tangerang. Ia telah menyumbangkan sebuah mesin penetasan telur otomatis hasil buatannya sendiri dengan dibantu oleh warga setempat. Dia juga mengajarkan cara merangkai dan mendapatkan komponen komponen untuk pembuatan mesin tetas tersebut, serta mengajarkan cara penggunaannya melalui sosialisasi dan pembuatan buku panduan.

minggu-5-5f382171097f3601d6167eb2.png
minggu-5-5f382171097f3601d6167eb2.png
Hal itu dilakukannya agar masyarakat setempat yang ekonominya terdampak oleh pandemi COVID-19 dapat merintis usaha ternak burung hias swadaya milik masyarakat yang dikelola bersama. Selain mengajarkan dan membuatkan mesinnya, mahasiswa berusia 21 tahun ini juga melakukan pendampingan pada masyarakat untuk dapat mengelola usaha dan juga menjalani pola hidup yang sehat dimasa pandemi.

Masyarakat setempat merasa terbantu dengan kehadiran mahasiswa yang KKN UMDIP di daerah mereka, karena dapat hadir dan memberi solusi bagi permasalah masyarakat serta mendampingi dalam proses penyelesaiannya.

Dengan adanya program ini diharapkan masyarakat dapat lebih terbantu dan juga dapat menjadi awal dari kebangkitan perekonomian masyarakat setempat.

VIDEO PILIHAN