ACJP Cahayahati
ACJP Cahayahati Mohon Tunggu... Insinyur - Life traveler

tukang nonton film, betah nulis dan baca, suka sejarah, senang jalan-jalan, hobi jepret, cinta lingkungan, pegiat konservasi energi dan sayang keluarga

Petualangan Naik Angkutan Umum ke dan dari Kampung Naga

18 September 2017   02:03 Diperbarui: 18 September 2017   14:05 5593
Kampung Naga asri penuh tradisi (dokumentasi pribadi)

Kampung Naga di Desa Neglasari, Tasikmalaya sudah lama menarik perhatian saya. Kurang lebih sebulan y.l. saya dan suami saya bermaksud berkunjung ke Kampung Naga, yang menurut googlemaps berjarak hanya 96 km dari Bandung. Sebelum ke sana, saya mencari beberapa blog perjalanan untuk mengetahui bagaimana menuju ke sana dari Bandung. Menurut beberapa blog, ke Kampung Naga dari Bandung bisa naik kereta api ke Tasikmalaya, naik bus arah Tasikmalaya lewat Singaparna dari Terminal Cicaheum atau naik elf dari Terminal Leuwi Panjang.

Mencari Informasi ke Stasion Bandung

Malam sebelum keberangkatan kami ke Stasion Bandung untuk mencari informasi lebih pasti tentang kereta api ke Tasikmalaya. Ternyata, bila kami membeli malam itu sebelum keberangkatan, tiket ke Tasikmalaya harus kami bayar per orang 300 ribu rupiah, karena kereta yang kami gunakan ke Tasikmalaya itu adalah kereta jarak jauh ke Surabaya. Pegawai stasion menganjurkan agar kami 2 jam sebelum keberangkatan kereta, mengantri di loket, karena bila kami beli go show, tiket ke Tasikmalaya hanya 75 ribu rupiah saja. Heran dengan kebijakan harga tiket ini, kami akhirnya memutuskan naik bus saja dari Cicaheum.

Perjalanan Sabar Menuju Kampung Naga

Angkot ke Cicaheum (dokumentasi pribadi)
Di sinilah petualangan kami dimulai. Kami naik angkot ke Terminal Cicaheum dari Karapitan jam 6 pagi. Angkot tidak penuh. Selain kami berdua, hanya ada 2 penumpang lain. Hampir setiap perempatan, angkot, yang kami tumpangi berhenti atau ngetem. Hampir mendekati Terminal Cicaheum hanya tinggal kami penumpangnya, supir angkot beberapa kali melirik gelisah melalui kaca spion ke belakang ke arah kami dan akhirnya ia memberanikan diri bertanya di mana kami akan turun. Tampak sekilas kekecewaan terpancar. Yah, apa boleh buat tujuan kami memang Terminal Cicahaeum. Dengan biaya 8 ribu rupiah per orang, kami sampai di Terminal Cicaheum kurang lebih jam 07.30. Anda tahu berapa jauh sebetulnya jarak kami mulai naik angkot sampai Terminal Cicaheum? Hanya 5,5 km saja, artinya kalau kita hitung kecepatan angkot rata-rata itu hanya 3,7 km/jam. Petualangan ini kami awali dengan gigi amat sangat lambat bahkan lebih lambat dari standar kecepatan perlahan di tempat parkir Jerman, yang maksimal 10 km/jam.

Bus yang melalui Kampung Naga (dokumentasi pribadi)
Petualangan selanjutnya adalah naik bus ke Tasikmalaya yang lewat Singaparna. Terminal CIcaheum jauh dari bayangan saya, ternyata di jam 07.30 pagi hari Kamis itu, tidak ramai dan cukup bersih lho. Suasananya juga tidak simpang siur atau semrawut. Kami cukup mudah menemukan bus, yang kami cari. Sayangnya, busnya baru berangkat jam 08.00 pagi. Sebetulnya, bagi kami cukup menenangkan hati karena setidaknya jam keberangkatan cukup pasti. Dan kabar baiknya, supirnya pun mulai berangkat tepat waktu, walaupun penumpang yang ada hanya 7 dewasa dan satu anak-anak.

Suasana di dalam bus sangat kekeluargaan, khas sopannya orang Sunda. Apalagi supirnya ketika tahu kami akan ke Kampung Naga mulai bercerita dengan semangat dan suka cita bahwa ia pun dulu besar di Kampung Naga dll. Sayangnya, acara ngetem juga dilakukan sepanjang perjalanan bahkan ada waktu di mana penumpang harus menunggu supir dan keneknya makan siang di satu gerobak makan, yang hanya menyediakan nasi uduk yang sudah dibungkus-bungkus. Ah ... tidak membangkitkan selera saya, namun pemilik gerobak makan ini sangat ramah dan sopan, sehingga suami saya pun tertarik untuk mencoba nasi uduk sederhananya.

Suasana akrab dan sopan gaya khas orang Sunda dalam bus ini, tidak hanya membuat saya merasa nyaman seperti tengah berada diantara keluarga juga menumpulkan sikap kritis dan keinginan protes saya karena jarak 96 km ini, bila di Jerman bisa dicapai hanya 1 atau paling parah 2 jam saja naik bus antar kota. Bayangkan saja, jam 12 kami baru sampai pintu gerbang Garut. Untungnya niat kami berpetualang dan kami memang sedang berlibur jadi tidak terbatas waktu. Saya tidak bisa bayangkan bila pengguna angkutan umum ini sedang terburu-buru. Aaahhh, entahlah saya menjadi mengerti bila setiap rumah tangga di Indonesia setidaknya harus punya motor. Dalam keadaan darurat bisa bepergian dengan cepat karena angkutan umum susah diandalkan.

Belum lagi bila kita bicara soal keamanan angkutan umum. Waaaa, saya sudah menutup mata. Jangankan sabuk pengaman buat penumpang, supirnya saja tidak pakai sabuk pengaman, nerima telpon ketika sedang nyetir, dash board yang tidak lagi utuh, pemindah gigi persneling bisa dimainkan oleh anak kecil yang duduk di depan. Alih-alih berpikir seperti orang Jerman tentang keamanan kendaraan, saya berusaha menikmati lambatnya waktu berjalan dan pemandangan sekitar. Karena menurut saya jangankan untuk jadi bus antar kota, bus dengan kondisi seperti ini di Jerman teronggok di garasi saja bisa kena denda.

Baiklah, akhirnya jam 14.00-an kami baru sampai di mulut jalan menuju Kampung Naga. Sungguh, perjalanan penguji kesabaran saya ini dari Terminal Cicaheum jam 8 pagi sampai di mulut Kampung Naga jam 14.00 untuk jarak 96 km, berakhir juga. Betul-betul perjalanan alon-alon asal kelakon, walaupun tanpa macet tapi bus tadi sukses menggelar kecepatan rata-rata hanya 16 km/jam. Untuk ukuran Jerman, kecepatan ini nyaris hanya setengah dari kecepatan mobil di jalan bahkan di zona perumahan aman yang hanya 30 km/jam. Saya angkat topi bagi kesabaran para penumpang bus ini.

Untunglah, Kampung Naga, desa wisata dan penuh tradisi ini, memang sangat pantas dikunjungi. Semua kelelahan perjalanan kami tidak lagi terasa. Selama 2 jam kami dipandu dan ditemani dengan baik oleh pemandu dari Kampung Naga. Kampung Naga membuat kami terpana dan berpikir ulang tentang hidup dan kebijaksanaan tradisi. Tentang Kampung Naga, saya kira sudah banyak dituliskan jadi saya tidak akan tulis lagi di sini.