Mohon tunggu...
kristiyani pelitahati
kristiyani pelitahati Mohon Tunggu... Heart Light🍓

Simple girls 🌷🍀 🌷and be my self Life is Love❤️

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Lebaran Identik dengan Ketupat

13 Mei 2021   04:00 Diperbarui: 13 Mei 2021   04:04 381 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lebaran Identik dengan Ketupat
Image : istockphoto.com

Lebaran identik dengan ketupat. Seperti sayur tanpa garam bila lebaran tanpa ketupat. Tapi tahukah kenapa ketupat selalu ada di moment labaran. Tradisi ketupat (kupat) lebaran menurut cerita adalah simbolisasi ungkapan dari bahasa jawa  : 

KU = ngaku (mengaku) dan 

PAT = lepat (kesalahan) 

yang digunakan oleh sunan Kalijaga dalam mensyiarkan ajaran Islam di Pulau jawa, yang pada waktu itu masih banyak menyakini kesakralan kupat. Asimilasi budaya dan keyakinan ini, akhirnya mampu menggeser kesakralan ketupat menjadi tradisi islami ketika ketupat menjadi makanan yang selalu ada saat lebaran Umat Islam sebagai moment yang tepat untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan.


            Ketupat atau kupat merupakan hidangan yang berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur) atau kadang-kadang daun palma yang lain. Ada dua bentuk utama ketupat yaitu kepal bersudut tujuh (lebih umum) dan jajaran genjang bersudut enam. Masing-masing bentuk memiliki alur anyaman yang berbeda. Untuk dapat membuat ketupat perlu dipilih janur yang berkualitas yaitu yang panjang dan lebar, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Ketupat bisa ditemui pada saat perayaan lebaran sampai 5 hari sesudahnya (sepasar). Di beberapa daerah di pulau Jawa ada yang menyajikan ketupat pada hari ketujuh sesudah lebaran yang biasa di sebut Hari Raya Ketupat.


           Ketupat ini sangat cocok jika disajikan bersama lauk pauk yang lain. Ada banyak sajian makanan khas lebaran yang bisa menemani ketupat seperti : daging rendang, sayur nangka muda, semur daging sapi, sambal goreng, serundeng daging, gulai ayam pedas, telur bacem, bakso kuah, kering kentang kacang, ayam kampung bumbu rujak, tongkol balado, gulai kambing, ayam kare, sambal udang petai, soto, sate ayam, sambal goreng krecek. Namun yang biasanya paling banyak ditemui saat silahturahmi dengan keluarga maupun kerabat, ketupat di temani oleh opor ayam dan sayur labu. Sajian khas lebaran ini dapat kita buat sendiri di rumah, berikut resep yang dapat kita siapkan di dapur.


Ketupat di buat dengan cara menganyam daun kelapa muda (janur), namun bila kesulitan membuat, bisa mencari alternative membelinya di  pedagang sayur atau di pasar. Sehingga tinggal mengisi bagian dalam dengan beras. Berikut resep membuat ketupat lebaran :


Bahan -- bahan :


250 gr beras
Garam 1/3 sendok teh
Daun pandan 3 lembar
Air 6 liter (untuk merebus)
Kulit ketupat secukupnya


Cara membuat ketupat:


Cuci bersih beras lalu tiriskan.
Tambahkan garam dan aduk rata.
Masukkan ke dalam kulit ketupat yang terbuat dari janur kira-kira 60% atau 2/3 dari total volume kulit ketupat. Lakukan hingga beras habis.
Memasukkan ketupat beras ke dalam panci. Tuang air lalu tambahkan daun pandan.
Tutup panci dengan rapat dan masak ketupat di atas api besar. Masak ketupat hingga 3 jam.
Buka tutup panci setelah agak dingin lalu tiriskan dan gantung ketupat agar benar-benar kering.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x