Mohon tunggu...
Kristin Siahaan
Kristin Siahaan Mohon Tunggu... Observer

Mulai dan nikmati prosesNya.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Ketika Aku Menjadi Seorang Anak...

9 April 2021   22:28 Diperbarui: 9 April 2021   22:37 57 7 0 Mohon Tunggu...

Apakah peranmu dalam keluarga saat ini? Menjadi seorang ayah atau ibu atau juga anak? Menjadi seluruh peran dalam keluarga memiliki batas (limit). Seseorang tidak akan pernah langsung menjadi orang tua, sebelum ia menjadi seorang anak.

Terlebih dulu diberi kasih lalu memberi kasih. Lebih dahulu diberi contoh cara merawat, sehingga di wakru lain mampu merawat dan memberi contoh kembali. Itulah siklus hidup

Sudah menjadi barang tentu bahwa orang tua yang sudah menua atau lansia akan dirawat oleh anak-anaknya. Kalau dahulu ibu dan ayah yang merawat dan membesarkan seorang anak hingga ia sudah mampu membina keluarganya sendiri.

Usia renta adalah masa dimana orang tua yang akan di rawat oleh anak-anaknya oleh karena penyakit atau berkurangnya kekuatan. Ya sekali lagi begitulah siklus hidup.

Ada sebuah pepatah mengatakan:

"Satu ibu mampu membesarkan tujuh orang anak, tetapi tidak untuk sebaliknya, tujuh orang anak belum tentu mampu merawat satu ibunya."

Dengan mengamati cukup banyak keluarga yang memiliki orang tua di usia renta. Penulis melihat sebuah fakta yang cukup nyata terjadi di tengah-tengah masyarakat yaitu ketika seorang anak telah berumah tangga, adalah benar telah memiliki tanggungan untuk menghidupi keluarganya. Tetapi, keadaan tersebut tidak menjadi alasan untuk tidak memerhatikan orang tuanya lagi. Orang tua sering dioper sana-sini.

Dari situasi ini, penulis mulai merenung dan memetik satu pesan, apakah mungkin lari dari masalah atau memungkiri bahwa kita yang adalah anak di hari ini, suatu hari tidak akan menjadi orang tua? Jawabannya pasti tidak.

Tiada kata bosan atau berhenti untuk menjadi seorang anak, ibu atau ayah.

Sambil melayangkan pikiran lagi, ketika aku melihat seorang bayi yang menangis di gendongan ibunya. Melintas satu kalimat dalam perenungan itu "tidak ada kata bosan atau lelah menjadi seorang ibu."

Sangat jarang seorang ibu mengatakan, "aku bosan merawatmu nak atau bu capek merawatmu." Berangkat dari pemikiran itu, harusnya setiap anak mesti bercermin kepada ibu atau ayahnya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN