Mohon tunggu...
Kristina Timu Welan
Kristina Timu Welan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/Mahasiswa

Nama : Kristina Timu Welan Status : Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Money

Usaha Kripik Pisang dan Singkong

19 Mei 2022   12:58 Diperbarui: 19 Mei 2022   13:05 457
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pada November 2021 lalu, saya memulai usaha baru. Usaaha yang saya bangun adalah Kripik pisang dan singkong (makanan ringan).

Alat dan bahan yang saya gunakan untuk membuat kripik tersebut sangat mudah di dapatkan. Saya biasa menjual atau mempromosikan barang dagangan saya melalui Sosmed. Masing-masing ada 2 varian rasa,  ada yang manis dan pedes.

Cara pengolahannya juga tidak sulit.bahan utama yang perlu disiapkan pastinya pisang dan singkong serta bumbu pedes dan manis yang akan di campur.

Pertama-tama kita akan membersihkan pisang dan singkong yang telah kita siapkan tadi, setelah itu di iris tipis.Setelah di iris tipis pisang dan singkong nya akan di jemur  kurang lebih 3-4 jam.

Selanjutnya adalah menggoreng kripik yang sudah di jemur tadi dengan api yang tidak terlalu tajam atau minyak nya tidak terlalu panas.Setekah di goreng, masing-masing kripik di bagi menjadi 2 bagian yaitu manis dan pedes, selanjutnya kita akan mencampuri bumbu pedes dan manis pada kripik yang sudah di bagi menjadi dua bagian tadi.

Setelah di campur, kripiknya di packing dan siap untuk dijual.

Keuntungan yang saya peroleh dari usaha kecil ini lumayan besar dan saya puas dengan usaha kecil yang saya bangun ini, tetapi ada kerugian juga yang saya alami dalam usaha tersebut. Contohnya pengaruh cuaca, jika pada musim hujan singkong yang di di hasilkan tidak terlalu bagus dan banyak yang busuk, dan jika terlalu  diguyur air hujan rasa singkong nya menjadi kurang enak.

Puji Tuhan sampai saat ini usaha saya berjalan dengan baik dan pastinya saya sudah melewati banyak hal dalam berbisnis.

Sekian, sedikit pengalaman dari saya dalam memulai usah kecil, semoga bisa menjadi motivasi untuk anda yang membacanya.

Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun