TikTok sebagai contoh media baru yang populer di Indonesia
Media baru dapat kita artikan sebagai media yang saling terhubung satu sama lain. Kondisi dimana media dapat terhubung satu sama lain tentu tidak lepas dengan keberadaan teknologi Internet yang begitu pesat.
Salah satu contoh media baru yang populer bagi warganet Indonesia adalah TikTok. Pada April 2022, 99,1 juta orang Indonesia menjadi pengguna aktif bulanan TikTok.
TikTok merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial yang didirikan pada September 2016 oleh Zhang Yiming di Tiongkok.
Sebelum membaca artikel ini lebih lanjut, anda dapat mendengarkan juga podcast mengenai pembahasan artikel ini melalui Spotify maupun melalui Anchor.fm.
Konsep Media Baru
Konsep yang diusung media baru merupakan sesuatu yang kekinian dan era baru. Media baru dapat kita pahami dengan beberapa hal berikut:
Media baru mengusung pola konsumsi dengan pengalaman baru.
Media baru mengusung cara baru dalam menggambarkan dunia.