Mohon tunggu...
KRISTIANA WIDIA
KRISTIANA WIDIA Mohon Tunggu... Mahasiswa

Lakukan yang terbaik untuk diri sendiri

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN Era COVID-19 Universitas Sebelas Maret Surakarta di Zona Kuning Wonogiri

8 Juli 2020   14:00 Diperbarui: 1 Agustus 2020   21:55 43 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Era COVID-19 Universitas Sebelas Maret Surakarta di Zona Kuning Wonogiri
pembagian-masker-di-jalan-keluar-masuk-dusun-5f25802bd541df40e45ee662.jpeg

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret Surakarta kali ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda dengan biasanya pasalnya KKN kali ini dilakukan ditengah pandemi COVID-19. Hal ini diputuskan oleh rektor untuk melaksanakan KKN dengan menjadi relawan COVID-19. Dikarenakan adanya himabuan dari pemerintah untuk dirumah saja maka terkait dengan pelaksanaan KKN Era Covid-19 ini dilakukan di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa/i. Program KKN Era Covid-19 bermacam-macam. Salah satu program yang penulis pilih adalah Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19. Tujuan dari program kerja ini untuk memberikan edukasi, informasi dan pemahaman berdasarkan data yang valid guna mencegah penyebaran virus Covid-19. Dusun Ngembong, Keloran, Kec Selogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah adalah salah satu lokasi KKN Era Covid-19 mahasiswi bernama Kristiana Widiawati (E0017255) dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Sutrisno Hadi Purnomo, S.Pt.,M.Si., Ph.D.

Program  KKN Era Covid-19 yang dilakukan sejalan dengan himbauan pemerintah untuk tetap dirumah saja yaitu membuat video-video yang dapat disebarkan kepada masyarakat sehingga dapat membantu masyarakat untuk menghadapi pandemi Covid-19. Video yang penulis buat diantaranya tutorial membuat masker kain, tutorial membuat disinfektan, tutorial membuat handsinitizer dan video cara bepergian yang aman selama pandemi ini. Video yang penulis buat disebar diberbagai media sosial seperti Instagram, Whatsapp, dan Youtube. Respon dari masyarakat pun positif banyak yang terbantu untuk lebih siap mengahadapi pandemi Covid-19. Hal ini membuktikan dengan adanya program KKN Era Covid-19 dapat membantu masyarakat khususnya masyarakat Dusun Ngembong, Keloran, Kec Selogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Kegiatan KKN Era Covid-19 ini berjalan kurang lebih 45 hari yakni dari 15 Mei 2020 sampai dengan 30 Juni 2020. Selama kegiatan mualai dari koordinasi hingga pelaksanaan berjalan dengan lancar tidak terdapat kendala yang terlalu signifikan. Semua kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

VIDEO PILIHAN