Kristiadji Rahardjo
Kristiadji Rahardjo pembelajar

manusia biasa yang mendamba cinta hadir di dunia; suka membaca, traveling, fotografi, main biola dan badminton

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

PERSAUDARAAN DI HARI RAYA IDUL 1439 H (Bagian-1)

24 Juli 2018   01:07 Diperbarui: 25 Juli 2018   00:31 279 0 0
PERSAUDARAAN DI HARI RAYA IDUL 1439 H (Bagian-1)
Dok. Pribadi


Partisipasi menjaga kelancaran Sholat Ied

Jumat, 15 Juni 2018. Pada hari Raya Idul Fitri 1439 H di Purwokerto Timur ada nuansa yang berbeda yang menggambarkan persaudaraan dan toleransi lintas iman. Paguyuban Lintas Iman Purwokerto Timur ikut berpartisipasi aktif menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan dan silaturahmi di 7 tempat diadakannya Sholat Ied pada hari Raya Idul Fitri 1439 H yaitu :

  1. Masjid Muhadjirin di komplek kelurahan Purwokerto Wetan dengan Koordinator Willye Oyashi dari GKI Martadireja
  2. Lapangan Mars dengan koordinator Nikolas Hu dari Orang Muda Katolik Paroki St Yoseph Purwokerto Timur.
  3. Masjid At-Taaruf jalan M. Yusuf dengan Koordinator Vincent GK dari Orang Muda Katolik Paroki St Yoseph.
  4. Masjid Sunan Ampel jalan Penatusan dengan Koordinator Silananda dari Budha Dwipa.
  5. Masjid Wakawiyah di jalan Wakawiyah dengan Koordinator Fuad Rochman dari Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia.
  6. Masjid Al-Fallah di Arcawinangun dengan koordinator Penatua Oki dari GKI Martadireja
  7. Lapangan Arcawinangun dengan koordinator Yunanto Eko N dari GKJ Arcawinangun.

Sedangkan peserta dari masing-masing elemen sebagai berikut :

1. GKI Martadireja : 16 orang
2. GKJ Arcawinangun : 4 orang
3. GKJ Bhayangkara. : 6 orang
4. Budha Dwipa. : 6 orang
5. MLKI. : 3 orang
6. Konghucu. : 5 orang
7. OMK St Yoseph. : 23 orang
Total peserta 63 orang.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Amalkan Pancasila dalam persaudaraan sebangsa

Kegiatan ini di inisiasi oleh OMK Voltus dari paroki St. Yoseph yang sudah rutin selama 5 tahun berturut-turut menjaga sholat idul fitri di sekitar gereja St. Yoseph jalan Kaliputih, Kelurahan Purwokerto Wetan. OMK Voltus ingin membagikan benih-cinta kasih lewat persaudaraan, solidaritas, kebersamaan dan rasa saling berbagi sehingga akan terjalin hubungan persaudaraan yang sejati diantara warga masyarakat tanpa membedakan suku, agama dan ras. Kita adalah satu bangsa Indonesia yang berbeda-beda tetapi tetap satu. Kita bangsa Indonesia dengan Pancasila sebagai dasar negara.

Berdasarkan pemikiran tersebut di atas maka OMK Voltus mengajak elemen agama yang lain untuk mau bergabung dan berperanserta dalam berbagi kasih lewat kegiatan ini. OMK Voltus mengajak saudara-saudari lintas iman untuk berpartisipasi aktif bersama Linmas, panitia sholat idul fitri serta Polri untuk ikut menjaga ketertiban, keamanan dan kebersihan sholat Ied serta silaturahmi yang diadakan di kelurahan Purwokerto Wetan dan kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas.

Gayung bersambut

Tanggapan dari elemen agama yang lain sangat antusias dan mendukung kegiatan tersebut sehingga kita mulai pemberitahuan dan berkoordinasi dengan Kelurahan, Takmir masjid, Panitia sholat dan Polri bahwa dari Paguyuban Lintas Iman Purwokerto Timur ingin berpartisipasi dalam kegiatan seputar sholat Idul fitri tersebut.

Karena OMK Voltus sebagai inisiator, maka tempat berkumpul dan berkoordinasi disepakati di aula paroki St. Yoseph. OMK Voltus mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan teknis seperti identitas, pembagian personalia, tempat tugas (ada di 7 titik), konsumsi dan sebagainya.

Kita sepakat berkumpul di Aula gereja St. Yoseph tanggal 15 Juni 2018 pukul 05.30 WIB dengan agenda pendataan dan pembagian personil ke dalam kelompoknya dilanjutkan dengan briefing teknis pelaksanaan yang dipandu oleh Bapak Agustinus Gudyana dari gereja St Yoseph dan diakhiri dengan doa bersama oleh bapak Karso dari Budha Dwipa, tepat jam 06.00 WIB peserta mulai berangkat ke lokasi masing masing sesuai dengan pembagian tugas.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Syukurlah, sholat Ied dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Para jemaah pun dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Selepas sholat, teman-teman dari paguyuban lintas iman mengucapkan selamat hari raya dan saling bermaaf-maafan dengan hati yang ikhlas. Ucapan terima kasih yang tulus juga terlontar dari saudara-saudari Muslim. Rasa persaudaraan dan toleransi sungguh dirasakan di hati.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Setelah para jemaah meninggalkan lokasi sholat, teman-teman dari paguyuban lintas iman ikut membantu Linmas membersihkan lokasi. Tak lupa kami pun sempatkan diri berfoto bersama takmir masjid, beberapa linmas, anggota Polri dan sebagian jemaah.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Selanjutnya teman-teman lintas iman berkumpul kembali di aula Paroki St. Yoseph untuk melakukan evaluasi dan sharing hasil refleksi atas pengalaman indah di hari raya Idul Fitri 1439 H ini. Minuman hangat dan hidangan opor ayam yang disiapkan OMK Voltus pun sudah menanti untuk dinikmati bersama.

bersambung .....