Mohon tunggu...
kristantri
kristantri Mohon Tunggu... Lainnya - Kota Bekasi

KKN TIIM 1 UNDIP Periode 2020/2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Tim CEGAS Undip Berkerjasama dengan BPBD Kabupaten Tegal Meningkatkan Kesiapsiagaan Mitigasi Bencana

23 September 2022   19:49 Diperbarui: 23 September 2022   20:17 32 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Relawan Bencana Kabupaten Tegal Memetakan Lokasi Bencana/Sumber: Dokumentasi Penulis, 2022

CEGAS bersama dengan BPBD Kabupaten Tegal bekerja sama menjalankan program untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana berbasis sistem informasi di Perkotaan Slawi. Program tersebut diimplementasikan melalui pengembangan sebuah portal kebencanaan. Terdapat 4 portal kebencanaan yang dikembangkan yaitu portal tanggap darurat, kesiapsiagaan, mitigasi, dan pemulihan bencana. Program tersebut mulai berjalan pada bulan Juli 2022 dan di jadwalkan selesai pada Desember 2022.

 
Portal pertama yang dikembangkan adalah tanggap darurat bencana berisi informasi terkait data relawan, kegiatan, dan daftar kebutuhan relawan untuk kegiatan tanggap bencana. Portal ini menampilkan distribusi kelompok relawan, titik lokasi rawan bencana dan list kegiatan relawan. Portal selanjutnya adalah kesiapsiagaan bencana yang berisikan informasi real time. Portal kesiapsiagaan bencana memuat informasi titik, kondisi, jenis bencana, hingga foto kejadian yang ditampilkan dalam bentuk peta google map.

 
Portal ketiga yaitu portal mitigasi bencana yang memuat laporan kejadian bencana yang nantinya dijadikan acuan dalam permodelan bencana. Portal ini menampilkan informasi terkait penggunaan lahan dan rencana pola ruang yang dijadikan dasar dalam mitigasi bencana. Portal terakhir adalah portal pemulihan bencana yang berisikan daftar proyek yang membutuhkan pembiayaan terkait pemulihan bencana maupun peningkatan ketahanan bencana di Perkotaan Slawi. Portal pemulihan bencana menyediakan kemudahan dalam CSR bagi pihak swasta yang tertarik untuk berpartisipasi terkait proyek mitigasi bencana.

Pertemuan Dengan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal/Sumber: Dokumentasi Penulis, 2022
Pertemuan Dengan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal/Sumber: Dokumentasi Penulis, 2022

Pada Agustus 2022 yang lalu, Tim CEGAS telah berdiskusi dengan Kepala Pelaksana BPBD dan melakukan survei pemetaan lokasi bencana. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal memberikan respons positif terhadap inovasi tersebut. "Saya siap mendukung, dan rencananya kami akan membentuk tim/staff operasional khusus yang nantinya mampu mengoperasikan portal tersebut" Kepala Pelaksana BPBD. Tim CEGAS selanjutnya telah menjadwalkan kegiatan pematangan keempat portal kebencanaan dan workshop. Kegiatan Tim CEGAS di bulan September 2022 yang akan datang adalah loka karya 1 bersama lintas stakeholder , FGD  dengan ibu-ibu PKK dan sekolah, FGD lanjutan bersama stakeholder dan loka karya 2  bersama lintas stakeholder.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan