Mohon tunggu...
Kriss Pramudita
Kriss Pramudita Mohon Tunggu... Freelance Writer - Educator

Educating people day to day!

Selanjutnya

Tutup

Karir

Melamar di Kedutaan Besar: 3 Tantangan yang Harus Kamu Taklukan!

10 September 2019   18:54 Diperbarui: 10 September 2019   19:06 0 2 1 Mohon Tunggu...
Melamar di Kedutaan Besar: 3 Tantangan yang Harus Kamu Taklukan!
Dokpri

Cirebon - Siapa yang bercita-cita ingin menjadi staf Kedutaan Besar Asing yang berada di Indonesia?

Tentunya banyak dari kita memiliki berkeinginan untuk mendapatkan pekerjaan di Kedutaan Besar Asing. Selain dari Pendapatan yang cenderung diatas UMR atau bahkan dibayar dalam bentuk mata uang negara mereka, kolega ekspatriat dan lingkungan kerja dengan profesionalitas tingkat tinggi menjadi beberapa alasan kenapa kita ingin mendapatkan pekerjaan di Kedutaan Besar Asing. 

Tapi, apakah mudah mendapatkannya? Berikut 3 tantangan yang akan kamu hadapi ketika memiliki impian yang sama. 

1. Bahasa Asing
Bahasa Asing menjadi kendala utama bagi sebagian dari kita, terutama jika Kedutaan Besar yang kita inginkan tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa Ibu. Secara otomatis, kita juga harus menguasai lebih dari sekedar Bahasa Inggris. 

Level kemahirannya pun bermacam-mavam. Menurut pengalaman penulis yang pernah tes Bahasa Asing untuk sebuah posisi di Kedutaan Besar Asing di Jakarta, level kemahiran Bahasa Asing kita ditentukan oleh posisi yang akan kita isi. Jadi, sebelum memulai pecarian Lowongan Pekerjaan, pastikan kalian tidak memiliki kendala berbahasa, baik Bahasa Inggris atau Bahasa Ibu Negara Kedubes yang ingin kalian lamar. 

2. Informasi Posisi Kosong/Lowongan Pekerjaan
Sebelum mengirimkan lamaran, tentunya kita perlu sedikit informasi perihal posisi yang Kantor Kedubes butuhkan. Namun darimana? Penulis pernah mencoba melakukan pencarian informasi di website resmi Kedubes hingga mencari secara sembarang di google, namun tidak menemukan banyak informasi. 

Untuk informasi lowongan pekerjaan, biasanya di website resmi mereka, mereka menyediakan kolom "karir/career" untuk memberitahukan posisi yang dibutuhkan. 

Entah apa alasannya, namun memang mencari tahu informasi Lowongan Kerja di Kedutaan Besar Asing di Indonesia tidaklah mudah. Maka dari itu, penulis ingin membagikan beberapa temuannya. Untuk mengetahui informasi Lowongan Pekerjaan di beberapa Kedutaan Besar Asing di Indonesia, kalian bisa mengakses informasinya di:

(Note, halaman website informasi Lowongan Pekerjaan di Kedutaan Besar Asing di Indonesia dapat sewaktu-waktu berubah)

3. Pengalaman Pekerjaan
Berbeda dengan banyak Perusahaan, Kedutaan Besar Asing jarang menerima Fresh Graduate. Karena biasanya, untuk Fresh Graduate sendiri, mereka sudah menyediakan Program Internship bagi mahasiswa aktif / Fresh Graduate. Sesudah mengetahui website Karir Kedutaan Besar yang kalian tuju dan mendapatkan posisi yang kalian inginkan, pastikan kalian memiliki pengalaman pekerjaan yang sesuai dengan pekerjaan yang kalian lamar. 

Dari pengalaman penulis, dari banyaknya aplikasi yang penulis kirim ke banyak Kantor Kedubes di Jakarta, penulis hanya pernah satu kali lolos seleksi administrasi yang dilanjut tes bahasa dan interview. Pada saat itu, penulis melamar posisi yang dimana posisi tersebut adalah posisi yang sedang dia jabat dikantornya pada saat itu dan sudah berjalan selama 2 tahun. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2