Mohon tunggu...
Krisnina Maharani
Krisnina Maharani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNDIP

Mahasiswa Ilmu Komunikasi - Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pentingnya Edukasi Etika Berkomunikasi pada Anak Masa Kini

3 Agustus 2022   19:00 Diperbarui: 4 Agustus 2022   00:17 174 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi Etika Berkomunikasi bersama Siswa SDN Bajomulyo Kelas 3 (sumber: dok. pribadi)

Pati – Komunikasi menjadi salah satu bagian terpenting dalam kehidupan bermasyarakat. Selain menjadi penghubung antara seorang individu dengan individu lain, komunikasi juga mencerminkan sosok diri kita kepada orang lain dan membuat manusia saling memahami satu sama lain. 

Komunikasi yang efektif dapat mempermudah seseorang dalam memahami suatu pesan atau informasi, sehingga permasalahan yang kompleks seperti kesalahpahaman dapat dicegah dengan komunikasi interpersonal yang baik.

Karakter seorang anak terbentuk dari lingkungan paling dekat dengan mereka yaitu keluarga dan sekolah. Anak mudah meniru dan memodifikasi apa yang mereka lihat dan dengar dari lingkungan tempat mereka tinggal. 

Akhir-akhir ini banyak dijumpai anak-anak yang mulai berperilaku seenaknya sendiri, tidak menghargai orang lain, tidak punya sopan santun terhadap orang tua, dengan mudah mengacungkan jari tengah dan bahkan mengumpat dengan lantang mengucapkan kata-kata kasar kepada temannya. 

Berdasarkan fenomena tersebut, menyebabkan masyarakat kita ini mengalami kemunduran dalam berperilaku sopan santun dengan sesamanya. Etika dalam bermasyarakat mulai terkikis dan segala hal mencakup nilai serta norma perlahan mulai hilang.

(sumber: dok.pribadi)
(sumber: dok.pribadi)

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2021/2022, Krisnina Maharani, mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Diponegoro, melakukan sosialisasi edukasi etika berkomunikasi pada siswa-siswi sekolah dasar di Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Sasaran dari sosialisasi ini adalah anak-anak dengan tujuan untuk mengedukasi dan membiasakan sedari dini untuk tetap beretika saat melakukan komunikasi.

Sosialisasi edukasi etika berkomunikasi dilakukan pada hari Kamis, 21 Juli 2022 di SDN Bajomulyo kelas 3. Sosialisasi berjalan dengan lancar dan siswa mengikuti dengan antusias dan interaktif. Sosialisasi berisikan mengenai pengertian etika berkomunikasi, adab dan etika ketika sedang berbicara dengan orang lain, etika dalam bermedia sosial, menghargai orang lain yaitu orang tua, bapak/ibu guru di sekolah dan teman,  serta mengenalkan 3 magic word yaitu please, sorry dan thankyou. 

Setelahnya program sosialisasi edukasi etika berkomunikasi di SDN Bajomulyo diakhiri dengan penempelan poster etika berkomunikasi di mading kelas sebagai pengingat anak-anak untuk selalu menerapkan etika dalam berkomunikasi.

Ciri-Ciri Etika Berkomunikasi/Dok Pribadi
Ciri-Ciri Etika Berkomunikasi/Dok Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan