Mohon tunggu...
Krisnayana Berlian
Krisnayana Berlian Mohon Tunggu... Insinyur - Mahasiswa S1 Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember Angkatan 2019

191910501026

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

KKN Kolaboratif UNEJ: Pelepasan hingga "Sowan" ke Desa Mundurejo

1 Agustus 2022   21:15 Diperbarui: 1 Agustus 2022   21:24 246 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Hasil Dokumentasi Kelompok KKN 111 UNEJ

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan menerapkan realisasi dari disiplin ilmu yang dikuasai selama perkuliahan. Kabupaten Jember merupakan kabupaten yang menerapkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif yang dimana KKN ini tidak hanya dilaksanakan oleh satu perguruan tinggi saja namun juga berkolaborasi dengan 13 perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Jember yaitu Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Akademi Farmasi Jember, Universitas Dr. Soebandi Jember, dan sebagiannya.

Pada 23 Juli 2022 dilaksanakan pelepasan mahasiswa KKN Kolaboratif Kabupaten Jember dengan total kelompok yang diterjunkan di Kabupaten Jember sebanyak 248 kelompok. Pelepasan dilaksanakan 2 gelombang yaitu gelombang luar Jember dan gelombang dalam Jember. Kelompok KKN 111 merupakan salah satu kelompok KKN yang juga diterjunkan di hari Sabtu yang cerah itu dan berlokasi di Desa Mundurejo, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember.

 

Sumber : Dokumentasi Kelompok KKN 111 UNEJ
Sumber : Dokumentasi Kelompok KKN 111 UNEJ

Setelah upacara pelepasan, Kelompok KKN 111 melanjutkan perjalanan menuju Desa Mundurejo yang terletak di Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember. Desa Umbulsari sendiri merupakan salah satu dari 10 desa di Kecamatan Umbulsari yang berbatasan langsung dengan Desa Sidorejo dan Desa Sukoreno. Berikut merupakan lokasi Desa Mundurejo, Kecamatan Umbulsari , Kabupaten Jember. 

Sumber : Hasil Analisis Kelompok KKN 111 UNEJ
Sumber : Hasil Analisis Kelompok KKN 111 UNEJ

Perjalanan menuju Desa Mundurejo dari Universitas Jember memakan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit. Ketika Kelompok KKN 111 datang, kegiatan pertama yang dilakukan adalah beradaptasi dengan lingkungan sekitar dengan berinteraksi dengan mahasiswa KKN dari perguruan tinggi lain dan warga sekitar. Pada hari Senin, 'Sowan' kepada perangkat desa mulai dilaksanakan dengan melakukan forum perkenalan kembali. 'Sowan' merupakan istilah yang digunakan menunjukkan kegiatan berupa menghadap dan berkunjung kepada orang yang dianggap harus dihormati. Kelompok KKN 111 memutuskan untuk 'Sowan' kepada perangkat desa sebelum benar-benar memulai kegiatan KKN. Berikut merupakan 'Sowan' yang dilakukan Kelompok KKN 111 kepada perangkat desa seperti Pak Kepala Desa, Pak Carik, Pak Kepala Dusun, dan lain-lain.

 

Sumber : Dokumentasi Kelompok KKN 111 Unej
Sumber : Dokumentasi Kelompok KKN 111 Unej

Sumber : Dokumentasi Kelompok KKN 111 UNEJ
Sumber : Dokumentasi Kelompok KKN 111 UNEJ

 ‘Sowan’ yang dilakukan adalah dalam rangka memperkenalkan diri dan meminta izin serta bantuan kepada pihak desa yang akan menampung dan diabadikan oleh Kelompok KKN 111. Pendekatan ‘Sowan’  menyesuaikan dengan sosio culture masyarakat sekitar yang memiliki kekeluargaan yang kental.

Sesuai kegiatan sowan dengan beberapa tokoh desa, kegiatan dilanjutkan dengan menggali potensi desa dimana potensi inilah nanti yang akan dijadikan dasar sebagai pelaksanaan program kerja KKN Kelompok 111. Desa Mundurejo sendiri memiliki banyak potensi selain dari aspek kependudukan dimana masyarakat Desa Mundurejo memiliki kekompakan dan budaya yang luar biasa, potensi lain yang dimiliki yaitu di bidang pertanian perkebunan yaitu buah jeruk. Jeruk merupakan komoditas terbesar yang ditanam mayoritas masyarakat. Jeruk di Desa Mundurejo sudah terkenal di Kabupaten Jember dan setiap panen tidak pernah bersisa karena selalu habis di pasaran. Jeruk merupakan potensi Desa Mundurejo yang sangat strategis untuk dikembangkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan