Mohon tunggu...
Krisnanda Muhammad Iqbal
Krisnanda Muhammad Iqbal Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Hanya seorang Mahasiswa biasa.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kamu Kuliah Jurusan IT tapi Tidak Tahu Mau Jadi Apa? Berikut adalah Daftar Pekerjaannya

14 Juni 2021   19:58 Diperbarui: 14 Juni 2021   22:04 36 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kamu Kuliah Jurusan IT tapi Tidak Tahu Mau Jadi Apa? Berikut adalah Daftar Pekerjaannya
Career Path-https://www.dhl.com/global-en/home/about-us/delivered-magazine/blog/delivered-blog-daniela-kerkhoff-guenther/career-paths-what-do-you-need-a-ladder-or-a-compass.html

Di era sekarang ini, banyak orang yang mengincar kuliah di Jurusan IT atau yang lebih dikenal dengan Teknik Informatika. Tak jarang ada orang yang hanya ingin berkuliah di jurusan tersebut tanpa tahu alasan mengapa mereka memilih itu. Berikut adalah daftar pekerjaan yang bisa kamu jadikan tujuan setelah lulus dari kuliah jurusan IT :


1. Software Developer


Kamu bisa mengambil pekerjaan ini jika kamu ingin mengembangkan sebuah software. Software Developer sendiri adalah pekerjaan yang kamu bisa kerjakan untuk apa saja. Maksudnya, kamu bisa membuat software tidak hanya untuk desktop saja, melainkan bisa membuat software untuk mobile dan membuat website juga merupakan pekerjaan Software Developer.

2. Network Engineer


Selain Software Developer, kamu juga bisa menjadi Network Engineer. Seorang Network Engineer pekerjaannya adalah terkait dengan jaringan. Seperti Network Troubleshooting, Firewall Configuration, Routing and Switching, dan Traffic Monitoring. Jika kamu lebih berminat ke jaringan, piih salah satu daftar pekerjaan diatas ya!.

3. System Administrator


Seorang System Administrator adalah mereka yang bekerja dengan System. Contoh dari pekerjaannya adalah Linux /BSD/Windows Server, Setup Control Panel, Performance Monitoring, Setup Web Server, Mail Server, Proxy Server, VPN, DNS Server, dan Tuning Server. Sebelum menuju ke pekerjaan ini tentunya kamu harus paham mengenai server terlebih dahulu.

4. Security Engineer
Seperti yang sering digembar-gemborkan masyarakat  umum, seorang mahasiswa yang kuliah di jurusan IT nantinya akan jadi hacker. Seorang Security Engineer pekerjaannya mirip dengan hacker. Bedanya, ia yang melindungi sebuah website/system agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan atau mereka bertugas melindungi website/system dari serangan hacker. Security Engineer atau yang kerap disapa Cyber Security mempunyai dua sisi yang berbeda. Blue Team dan Red Team. 

Blue Team bertugas  untuk mengamankan system/website dari serangan hack. Sementara Red Team, bertugas untuk melakukan perlindungan tetapi dengan cara yang lain. Seperti Penetration Test dari sebuah website/system misalnya. Mereka akan menyerang sebuah system/website dengan sebuah malware sehingga mereka tahu apa yang harus mereka lakukan untuk mengamankannya.

Nah, itu dia contoh-contoh dari pekerjaan orang yang kuliah di jurusan IT. Selain yang saya sebutkan di atas, tentunya masih banyak lagi pekerjaan yang lainnya. Seperti UI/UX, System Analyst, Data Science, AI Engineer, dan masih banyak lagi. So, kalian jangan bingung lagi yaa!

VIDEO PILIHAN