Mohon tunggu...
Krisnanda DitaWulandari
Krisnanda DitaWulandari Mohon Tunggu... mahasiswi

ceria

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Hati-hati dengan Uang Lebaran!

10 Juni 2019   23:13 Diperbarui: 10 Juni 2019   23:52 0 0 0 Mohon Tunggu...

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran diperingati setiap 1 Syawal . Hari Raya Idul Fitri juga sering disebut hari Kemenangan karena telah  1 bulan penuh berpuasa. Dihari itu semua orang bersukacita dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk menyambut hari Lebaran orangyang merantau akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan bersama keluarga. Hari Raya Idul Fitri identik dengan baju baru, ketupat, opor ayam, petasan dan uang lebaran (THR). THR merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu karena kita akan mendapatkan tambahan uang saku dari keluarga dan saudara. 

Uang Lebaran yang di dapatkan  haruslah dikelola dengan baik, lalu apa yang harus dilakukan agar uang lebaran tidak terbuang percuma ? 

 Pertama,  simpan uang lebaran di bank. Dengan menyimpan uang di bank maka uang lebaran akan terimpan dengan aman dan kita mendapatkan bunga dari uang yang kita simpan. Selain itu, kita bisa mengambil uang kapan saja saat dibutuhkan.

Kedua, investasi emas. Membeli perhiasan juga memiliki manfaat  diantaranya nilai kualitas emas tidak berkurang, harga jual yang cenderung naik setiap waktu dan risiko ruginya sangat kecil. jadi dengan melakukan investasi emas, kita bisa menyimpan uang dengan aman. 

Ketiga, modal usaha. Uang lebaran  bisa dimanfaatkan untuk modal usaha atau mengembangkan usaha yang sudah ada. Tidak selalu dari yang besar, cobalah dari yang kecil. 

Keempat, belanja secukupnya. Belanja adalah hal yang digemari banyak orang, terutama saat kita memiliki banyak uang untuk dibelanjakan. Berbelanja tidak dilarang, namun berbelanjalah dengan pintar. Cukup membeli barang-barang yang dibutuhkan dan jangan tergoda dengan discount yang ditawarkan, serta teliti saat berbelaja.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan uang lebaran yang kita dapatkan, antara lain menyimpang uang di bank, investasi emas, modal usaha dan belanja secukupnya. Boleh saja menghabiskan uang lebaran yang didapatkan, namun alangkah lebih baik memanfaatkan secara maksimal dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jangan sampai apa yang kita dapatkan akan terbuang sia-sia. Belajar mengelola uang lebaran bisa menjadi contoh untuk mengelola keuangan yang lainnya.