Mohon tunggu...
Hiburan Pilihan

Mau Jadi Apa? Sebuah Film Komedi "Coming Of Age"

27 September 2017   14:43 Diperbarui: 27 September 2017   14:59 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mau Jadi Apa? Sebuah Film Komedi "Coming Of Age"
sumber: dok.pribadi

Pertanyaan yang selalu menggelayuti sebagian besar orang muda yang sedang tumbuh adalah mau jadi apa mereka nanti. Mau Jadi Apa?karya duet sutradara Monty Tiwa dan Soleh Solihun adalah sebuah film komedi penuh tawa---tak jarang menertawakan diri sendiri---tentang proses kehidupan yang pasti dilalui semua orang itu.

Selain menyutradarai, Soleh Solihun, salah satu stand up comedian papan atas di Indonesia, menjadi tokoh utama Mau Jadi Apa? Soleh berperan menjadi dirinya sendiri dalam film ini, karena memang film ini berdasarkan kisah pribadinya menempuh pencarian jati diri (kurang lebih begitulah..., kata Soleh) beserta teman-temannya. Ada Lukman (Boris Bokir) anak Bandung yang jago gambar, ganteng tapi culun. Ada juga Marsyel (Adjis Doaibu), seorang hopeless romantic yang rentan celaka. Eko (Awwe), anak Jakarta, penggemar musik yang sarkastis dan doyan nyela. Lalu ada Syarif (Ricky Wattimena) anak Jakarta keturunan Arab, si mulut besar. Fey (Anggika Bolsterli), gadis blasteran Jerman-Batak yang cantik dan jadi tempat curhat semua orang. Dan tentu saja Ros (Aurelie Moeremans), cewek cantik yang ditaksir habis-habisan oleh Soleh.

Soleh dan kawan-kawan mencoba mencari jati diri dengan menerbitkan majalah kampus alternative bernama "Karung Goni" (singkatan dari Kabar, Ungkapan, dan Gosip Terkini)---sebuah nama yang keren, ideologis, sekaligus eksotik dan vintage. Pendek kata, segala hal tak penting yang tak bakal diangkat oleh majalah serius di kampus, "FakJat".

Di luar ini semua, Soleh dkk juga harus menghadapi berbagai problema pribadi, mulai dari kegalauan akibat status jomblo, hingga tekanan orang tua yang kelewat ambisius. Tetapi pertemanan yang tulus adalah salah satu hal yang bisa membuat mereka bertahan. Semua karakter dan jalinan konflik ini hadir membalut sebuah cerita komedi yang menghibur dan inspiratif. Sebuah cerita yang membuktikan bahwa setiap orang punya jalannya sendiri dalam menjawab pertanyaan "mau jadi apa?"

Selain pemain yang sudah disebutkan tadi, jajaran pemain lain berikut ini akan menjamin Mau Jadi Apamenjadi film komedi yang mengocok perut. Mereka adalah: Ridwan Remin, Gading Marten, Andika Pratama, Uus, Ernest Prakasa, Budi Dalton, Joe P Project,  Tarsan, Rohana. Beberapa penampil cameoturut memperkaya film ini, yaitu: Putri Marino, Karina Suwandi, dan Surya Saputra.

Antara Mau Jadi Apa? dan Three Idiots: Another Comedy bertema Coming of Age

Mau Jadi Apa? yang berlatar kehidupan kampus, mengingatkan pada Three Idiots (2009)---sebuah film drama komedi box officekarya sutradara Rajkuma Hirani. Drama komedi bertema coming of ageini mengisahkan trio mahasiswa Rancho, Farhan dan Raju. Penonton Three Idiots pasti tidak akan pernah lupa bagaimana Aamir Khan dengan sukses memerankan tokoh Rancho yang pinter-pinter bloon dan memimpin gengnya untuk mengerjai dekan killernya yang digelari "Virus". Siapapun yang pernah menonton Three Idiots pasti tidak pernah lupa mengikuti alur emosi Rancho yang jatuh bangun berhadapan dengan Pia si judes cantik mahasiswi kedokteran, yang tidak lain anak sang Dekan. At the end, semua penonton ikut bergembira ketika para Three Idiots dalam suksesnya masing-masing berhasil menemukan jalan hidup yang mereka.

Siapa sih Soleh Solihun?

Bagi penggemar stand up comedy, nama ini tentu tak asing lagi. Soleh Solihun menjadi seleb di Youtube, setelah penampilannya ngemsidi acara off air Radio Global Jakarta (2010). Sejak itu, Soleh diajak tampil ke Stand Up Comedi Show di Metro TV. Penampilan perdana di layar kaca ini mengawali karir barunya sebagai salah satu stand up comedian Indonesia yang layak diperhitungkan kiprahnya.

Karir baru? Ya, sebagaimana dapat dilacak pada Wikipedia, sebelum terkenal menjadi stand up comedian, Soleh Solihun yang alumni Jurnalistik Universitas Padjadjaran Bandung merupakan seorang wartawan. Dia pernah menjadi reporter di Trax Magazine [2004 -- 2005], Feature Editor di Playboy Indonesia [2006 -- 2008], dan Editor di Rolling Stone Indonesia 2008 -- 2012. Salah satu tulisan Soleh mendapat penghargaan dari Anugerah Adiwarta Sampoerna pada tahun 2006 sebagai featureterbaik kategori Seni dan Budaya.

Dengan bekal sebagai jurnalis yang mumpuni, tak heran jika Soleh mampu menampilkan sketsa parodi tentang Indonesia dengan ciamik. Terampil mengolah kata dalam gaya dan narasi yang menyentil, unik, menggelitik, itulah Soleh Solihun. Setelah terkenal menjadi stand up comedian, tawaran main film berdatangan pada Soleh Solihun. Beberapa film yang dibintanginya adalah; Cinta Brontosaurus, Hang Out, dan Shy Shy Cat. Mau Jadi Apa?merupakan karya pertamanya sebagai sutradara sekaligus pemain. Soleh juga telah menelurkan beberapa buku laris, yaitu Majelis Tidak Alim, Celoteh Soleh, Kastana Taklukkan Jakarta, dan Mau Jadi Apa?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x