Mohon tunggu...
Krisna Aditya
Krisna Aditya Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Seorang Mahasiswa yang ingin menyampaikan keresahannya melalui tulisan, namun takut terbungkam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Bagaimana Prinsip Multimedia Digunakan dalam Jurnalisme Online?

18 September 2021   15:49 Diperbarui: 18 September 2021   15:50 67 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagaimana Prinsip Multimedia Digunakan dalam Jurnalisme Online?
Sumber: tambahpinter.com

Sebelum melangkah lebih mengenai jurnalisme online dan jurnalisme multimedia, mari kita lihat sama - sama pengertian dari kata "online", "multimedia", dan "jurnalisme."

Jurnalisme dapat diartikan sebagai suatu pekerjaan yang dilakukan dengan mengumpulkan, menulis, mengedit, dan menerbitkan berita dalam surat kabar dan sebagainya. Selain itu, Fraser Bond mengungkapkan bahwa jurnalisme merupakan sebuah bentuk kegiatan yang dilakukan untuk mengulas sebuah kejadian dalam rupa berita yang dapat disampaikan ke hadapan publik.

Online. Kata ini sering kita dengar di masa sekarang ini seiring berkembangnya dunia digital. Online dapat diartikan sebagai suatu barang atau perangkat elektronik yang terhubung ke jaringan internet dan dipadankan menjadi dalam jaringan (daring).

Multimedia saat ini dapat dimengerti secara sederhana sebagai sebuah media yang terdiri dari berbagai media atau medium, biasanya terdiri dari kombinasi dari dua atau lebih yang diwakili dalam bentuk digital yang terintegrasi dalam sebuah program komputer.

Lalu, berdasarkan pengertian di atas, peran jurnalisme dalam kehidupan masyarakat sangat dibutuhkan untuk mencari informasi yang berupa berita. Bentuknya pun bermacam - macam, termasuk jurnalisme online dan jurnalisme multimedia. Apa sih perbedaannya?

Sumber: bengkuluinteraktif.com
Sumber: bengkuluinteraktif.com

Apa itu Jurnalisme Multimedia?

Multimedia dalam praktik jurnalisme bukan suatu hal yang baru. Contohnya adalah bagaimana televisi menjadi medium yang tidak hanya menyajikan sebuah gambar bergerak tetapi diikuti dengan audio di dalamnya yang melengkapi. Jurnalisme multimedia berbeda dengan jurnalisme online.

Jurnalisme multimedia membuka ruang partisipasi aktif bagi para penggunanya yang dapat terlibat di dalam sebuah konten. Bagaimana caranya? Pengguna disini tidak hanya sebagai konsumen konten yang disajikan, tetapi juga dapat ikut memproduksi konten berita di dalamnya. Di sisi lain, jurnalis dalam praktik jurnalisme multimedia dipaksa untuk saling berkolaborasi dalam memproduksi konten, seperti penyajian gambar, video , maupun infografik.

Salah satu bentuk jurnalisme multimedia adalah jurnalisme multimedia longform. Tren jurnalisme ini praktiknya adalah dengan menggabungkan antara tulisan yang mendalam namun menggunakan bahasa yang lebih cair dan dinamis atau bisa dibilang struktur penulisan naratif digabung dengan elemen seperti foto, video, peta, infografik, dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan